Cara Menghadapi Anak yang Selalu Merengek dan Menangis

Mempunyai anak adalah cita-cita bagi setiap keluarga, tentunya dengan berbagai alasan. Bagi ayah dan ibu, mempunyai anak merupakan tujuan dari berkeluarga. Namun apa jadinya jika anak yang ditunggu-tunggu tumbuh dengan rewel dan selalu merengek.

Yang pasti, keadaan seperti ini akan membuat jengkel orang tua. Ada banyak alasan kenapa anak kecil selalu merengek dan menangis, terutama dalam meminta sesuatu namun tidak dituruti.

r 131

Secara alami, merengek dan menangis merupakan sifat utama dari anak kecil. Kedua sifat ini menjadi alat yang ampuh bagi anak-anak agar permintaannya selalu dituruti oleh orang tua.

Jika kedua hal ini dilakukan anak-anak ketika dalam rumah, keadaan ini mungkin masih bisa ditolerir oleh orang tua. Namun apa jadinya jika merengek dan menangis dilakukan di tempat umum. Pastinya akan membuat orang tua menjadi malu dan salah tingkah.

Kiat menghadapi anak yang merengek dan menangis

  • Memberi pujian

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam menghadapi anak yang sering merengek dan menangis adalah dengan memberikan pujian. Terdengar aneh memang, namun kadang kala cara ini terbukti efektif dalam menghentikan keadaan tersebut.

Pujian bisa diberikan dalam rangka untuk mengapresiasi anak atas keberaniannya dalam mengungkapkan suati keinginannya.

  • Memberi contoh

Memberikan perumpamaan adalah langkah bijak yang bisa ditempuh orang tua untuk menghentikan rengekan dan tangisan anaknya. Berilah contoh yang baik dengan menirukan tangisan yang dibuat sang anak. Dengan begini sang anak akan lupa dan justru akan tertawa.

  • Memberi ancaman hukuman

Jika tangisan dan rengekan sang anak tidak juga berhenti, langkah ekstrim yang bisa diambil adalah mengancam memberikan hukuman. Tentunya ini hanya ancaman hukuman bukan hukuman sebenarnya. Juga, nada yang digunakan juga harus lembut dan tidak menyakiti.

  • Tidak memberi toleransi

Bagi orang tua yang tidak ingin membuat anaknya menjadi manja, tidak memberi toleransi adalah sesuatu yang bisa dilakukan.

Baca Artikel Lainnya :

Cobalah untuk mengacuhkan apa yang dikatakan karena suaranya tidak jelas tertutupi dengan tangisan. Cobalah untuk tidak mengindahkan permintaannya dengan tetap melakukan kesibukan.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *