Cara Menghemat Air Bersih

Untuk mendukung hidupnya, makhluk hidup memerlukan beberapa hal untuk membantunya bertahan hidup. Seperti misalnya membutuhkan makanan, udara, tempat tinggal, dan juga air.

Itulah kenapa bumi tempat dimana banyak makhluk hidup tinggal terdiri 70% air yang membentuknya. Namun ternyata dari banyaknya air yang ada, jumlah air bersih dan jumlah air kotor memiliki perbandingan yang tidak setimbang. Terutama jika tolak ukurnya adalah kebutuhan manusia akan air bersih.

s 136

Jumlah air bersih atau air yang layak konsumsi yang lebih sedikit dibandingkan air yang kotor menjadikan banyak orang mulai mendirikan kelompok- kelompok pemerhati lingkungan.

Berbagai macam program pun mulai di buat dan dijalankan guna mengatasi permasalahan lingkungan serta kebutuhan akan air bersih yang merupakan elemen penting dalam hidup dan kehidupan manusia secara umum.

Dan salah satu program yang dibuat adalah mempresentasikan cara- cara menghemat air bersih agar ketersediaan air bersih terus ada untuk mendukung kehidupan manusia tadi. Dan beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendukung program tersebut adalah:

  1. Gunakan air bersih seperlunya saja

Air bersih adalah bagian dari hidup manusia yang tidak akan pernah bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari- hari. Namun sayangnya, dalam keseharian, masih banyak dari kita yang tidak bijaksana dalam menggunakan air bersih. Seperti misalnya dalam hal mencuci baju.

Kita lebih sering mengeluarkan air bersih yang sebenarnya bisa kita konsumsi untuk membilas pakaian yang sebenarnya sudah dibilas. Untuk itu jika memang harus menggunakan air bersih untuk mencuci pakaian.

Hendaklah kita lebih cermat dalam memilih detergen atau sabun cuci pakaian yang memiliki tekhnologi khusus yang hanya memerlukan pembilasan sekali untuk membersihkan pakaian.

Selain itu, jika memang kita hendak membeli mesin cuci untuk mencuci pakaian, ada baiknya pula kita memilih mesin cuci yang memiliki bukaan samping. Karena mesin cuci bukaan samping adalah mesin cuci yang lebih hemat air dibandingkan mesin cuci bukaan atas.

  1. Mencuci pakaian setelah pakaian menumpuk

Masih dalam hal mencuci pakaian. Setelah kita memilih detergen yang cukup sekali bilas dan mesin cuci bukaan samping, langkah selanjutnya adalah kita perlu mengendalikan kuantitas atau banyaknya cucian kita.

Ada baiknya kita menunggu cucian kita menumpuk banyak untuk mencuci baju. Karena ketika kita mencuci pakaian langsung dalam jumlah besar, jumlah pemakaian air pun menjadi lebih sedikit dibandingkan kita mencuci pakaian sedikit demi sedikit tetapi sering.

Hal ini tentu saja juga termasuk pengaruh dari cara kita berpakaian. Kita tidak perlu terlalu sering mengganti pakaian kita jika memang pakaian tersebut tidak terlalu kotor dan masih layak dikenakan.

Jika misal pun kita harus berolah raga, ada baiknya kita mengenakan pakaian yang sudah kita pakai sebelumnya dan dilakukan sebelum kita mandi. Karena dengan begitu, kita tidak perlu mengganti baju terlalu sering.

  1. Menghemat air bersih

Menghemat air saat mandi juga dapat dilakukan. Seperti misalnya jika air didalam bak masih penuh dengan air, maka tidak perlu juga kita menyalakan mesin air untuk mengisi air didalam bak itu. Nyalakan mesin air hanya ketika air di bak sudah habis.

Dan bisa juga ketika kita mandi, air yang habis dipakai ditampung untuk keperluan lain. Seperti misalnya untuk menyiram tanaman atau untuk keperluan buang air besar atau kecil. Hal lain yang bisa kita lakukan untuk menghemat air bersih saat mandi adalah tidak menggunakan bathtube untuk berendam.

Karena bathtube sendiri harus menampung banyak air bersih untuk sekali kita berendam dan terkadang setelah kita selesai berendam air tersebut kita buang. Ada baiknya kita mandi dengan menggunakan kucuran karena air yang dikeluarkan untuk kita mandi jauh lebih sedikit dibandingkan kita menggunakan bathtube.

  1. Menyiram kebun saat malam hari

Ternyata kegiatan berkebun juga memiliki andil dalam mengurangi jumlah air bersih. Hal ini karena tanaman juga membutuhkan air bersih karena jika kita menyiram tanaman dengan air kotor yang banyak akan kuman, sama saja kita telah memberikan hama kepada tanaman tersebut.

Untuk menyikapi hal itu, diperlukan pengetahuan khusus dalam hal penyiraman tanaman kesayangan kita. Seperti misalnya mengetahui seberapa cepat daya serap tanah akan air yang kita siramkan.

Agen Poker

Jika daya serapnya lama dan menjadikan air yang kita siram menggenang, setidaknya jangan menambahkan air lagi. Karena jika ditambah, air akan menyebar ke daerah yang tidak perlu disiram.

Selain itu, menyiram tanaman lebih baik jika dilakukan pada malam hari. Karena jika menyiram tanaman pada siang hari, panas matahari akan menjadikan air yang kita siramkan akan cepat menguap dan karena siang hari juga merupakan waktu bagi tanaman untuk berfotosintesis.

Untuk itulah ada baiknya kita menyiram tanaman pada saat malam hari pada saat tidak ada matahari dan tumbuhan tidak berfotosintesis.

Menyiram tanaman semisal rumput ternyata juga bisa disiasati dengan mudah, seperti kita mencuci kendaraan kita diatas rumput atau menjemur baju diatas rumput tersebut. Karena dengan begitu, air dari bilasan kita mencuci kendaraan dan jemuran baju akan jatuh di atas rumput.

  1. Gunakan sabun cuci ramah lingkungan

Sabun cuci yang ramah lingkungan adalah salah satu alternatif yang juga dapat kita lakukan untuk dapat menghemat air.

Seperti misalnya menggunakan sabun cuci ramah lingkungan untuk mencuci piring atau mencuci baju. Kita hanya perlu menampung air itu dan digunakan lagi untuk menyiram kebun atau tanaman kesayangan kita.

  1. Menutup kolam renang

Jika kita memiliki kolam renang pribadi yang sedang tidak digunakan, mungkin ada baiknya kolam renang itu kita tutup dengan terpal atau alat penutup lainnya. Karena dengan begitu, air pada kolam renang tidak akan terkena sinar matahari langsung yang dapat mengurangi jumlah air bersih akibat penguapan.

  1. Membuang sampah pada tempatnya

Sampah selain dapat mengganggu pemandangan pada suatu lingkungan juga mampu merusak kualitas air bersih yang ada disekitarnya. Katakanlah seperti misalnya sampah baterai, aki, pestisida, atau pupuk, yang sudah tidak digunakan.

Karena jika benda- benda tersebut mengenai sumber air bersih tentu saja akan mempengaruhi kualitas air bersih serta kualitas kesehatan kita yang mengkonsumsi air bersih itu.

  1. Menggunakan penyaring air untuk minum

Filter untuk air bersih adalah hal lain yang bisa kita sediakan untuk keperluan air bersih dirumah kita. Karena jika selama ini kita mengandalkan air galon dari tempat pengisian ulang untuk minum, dengan filter air kita tidak perlu membeli air galon isi ulang lagi.

Kita bisa langsung menggunakan air keran untuk selanjutnya di filter hingga akhirnya layak untuk di konsumsi, karena penggunaan filter air sebenarnya juga diterapkan oleh tempat pengisian ulang galon tempat kita mengisi ulang air galon.

Memiliki filter air selain dapat menghemat air bersih juga dapat menghemat keuangan kita untuk jangka panjang.

  1. Memeriksa saluran air yang bocor

Saluran air yang bocor terkadang menjadi masalah utama dalam pemborosan air bersih dan tidak diketahui. Hal ini karena terkadang saluran air berada di tempat yang tidak dalam jangkauan pengawasan kita. Seperti misalnya berada di bawah tanah.

Namun walaupun seperti itu, pemeriksaan saluran air yang bocor tetap dapat kita lakukan dengan memperhatikan meteran air. Dengan sering kita memperhatikan meteran air, kita akan lebih cepat mengetahui jika ada kebocoran air bersih dan mengambil tindakan secara cepat dan tepat.

  1. Memberikan pengertian kepada anggota keluarga

Terakhir, ini adalah hal yang paling penting untuk dilakukan agar kita bisa menghemat air bersih. Memberikan pengetahuan dasar akan pentingnya air bersih dan cara menghematnya merupakan tindakan yang paling utama untuk dilakukan.

Karena penghematan air bersih hanya bisa dilakukan jika kita melakukannya secara bersama- sama dengan anggota keluarga yang lain.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk dapat menghemat air bersih di lingkungan rumah kita.

Pentingnya pengetahuan akan air bersih serta cara merawatnya adalah hal utama yang harus ditanamkan oleh masing- masing orang agar air bersih dapat terjaga keberadaannya. Karena menjaga air bersih, hanya bisa kita lakukan secara bersama- sama. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *