Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Bermain Pokemon Go

Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Bermain Pokemon Go – Pokémon Go merupakan aplikasi game yang sedang digandrungi di seluruh dunia akhir-akhir ini.

Sebagaimana titel mobile game yang melekat pada dirinya, Pokémon Go tak terhindarkan dari sebuah faktor besar yang sangat mempengaruhinya.

pokemon

Aplikasi game ini sangat boros baterai dan dapat menguras baterai smartphone Anda dengan sangat cepat ketika sedang bermain.

Untuk menanggulangi hal tersebut, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai smartphone Anda ketika bermain Pokémon Go. Simak ulasannua berikut ini.

Aktifkan Fitur Battery Saver

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan fitur battery saver yang ada di aplikasi Pokémon Go.

Ini adalah fitur yang secara otomatis akan melakukan penghematan saat aplikasi aktif namun tak mengurangi keseruan saat bermain.

Beberapa tindakan penghematan yang dilakukan oleh fitur ini antara lain pengaturan cahaya layar (dimming) dan pengurangan frekuensi sambungan ke server.

Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan tapping PokéBall Anda, kemudian pilih menu “Setting” dan tap bulatan kosong di sebelah tulisan “Battery Saver”.

Fitur ini hanya akan berfungsi bila smartphone Anda berada pada posisi tengkurap dengan layar menghadap ke bawah.

Dalam kondisi battery saver, layar smartphone Anda akan mati ketika Anda berjalan di antara PokéStops dan Gyms. Jangan takut akan kehilangan Pokemon sebab smartphone Anda akan bergetar ketika ada Pokémon di sekitar Anda.

Beli Battery Pack atau Power Bank

 Jika Anda benar-benar merupakan seorang trainer Pokémon sejati, Anda dapat berinvestasi dengan membeli battery pack dtau Power Bank untuk mendukung kegiatan Anda berburu Pokémon.

Saat ini telah tersedia di pasaran sebuah Power Bank yang dapat mengisi daya melalui sinar matahari (solar cell).

Alat tersebut sangat cocok untuk digunakan mengingat Pokémon Go merupakan permainan luar ruangan.

Matikan Fitur Pencahayaan Otomatis pada Smartphone Anda

Hampir semua smartphone keluaran terbaru saat ini dilengkapi dengan fitur pencahayaan otomatis atau auto-brightening.

Fitur ini dapat mlakukan penyesuaian cahaya layar dengan kondisi pencahayaan ruangan. Namun, fitur ini sangat boros baterai sebab pengaturan cahaya layar dilakukan secara berulang-ulang.

Dengan mematikan fitur ini, Anda dapat mengatur tingkat pencahayaan sekitar 60-70% secara stagnan dan menghemat penggunaan baterai.

Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Ketika fitur Wi-Fi dan Bluetooth aktif, smartphone Anda akan senantiasa mencari Wi-Fi hotspot dan sambungan Bluetooth.

Aktivitas ini sangat memakan daya baterai. Dengan menonaktifkannya, Anda dapat menghemat daya baterai Anda dengan sangat maksimal.

Nonaktifkan Suara dan Aplikasi yang Masih Berjalan di Background

Dalam keadaan kritis daya baterai, mematikan suara adalah jalan terbaik. Hal ini dikarenakan sumber suara membutuhkan daya yang relatif besar dari baterai.

Baca Juga :

Selain itu, beberapa aplikasi lain yang sedang aktif di background juga dapat menjadi sumber pemboros daya baterai, terlebih apabila Anda sedang melakukan streaming (melalui aplikasi Spotify atau YouTube misalnya) di saat yang bersamaan.

Beberapa strategi di atas adalah beberapa kiat yang dapat digunakan untuk menghemat daya baterai smartphone Anda saat bermain Pokémon Go. Selamat mencoba dan Gotta Catch ‘Em All!

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *