Cara Menghemat Listrik di Rumah

Listrik sudah menjadi kebutuhan primer manusia pada zaman modern ini. Hampir disetiap lini kehidupan, listrik tidak pernah absen membantu manusia dalam menyelesaikan masalahnya.

Tapi terkadang listrik juga menjadi batu sandungan bagi banyak orang manakala biaya penggunaannya selalu naik.

Namun walaupun begitu, pemakaian listrik tentu masih bisa dicermati manakala kita mengetahui dasar- dasar dari penggunaan listrik tersebut. Dan beberapa cara menghemat listrik tersebut adalah:

s 133

  1. Kebutuhan

Kebutuhan listrik kita dalam satu bulan haruslah disesuaikan dengan seberapa besar kemampuan kita untuk memenuhinya. Hal ini terkait pada golongan berapa pemakaian listrik kita berada karena setiap golongan yang kita pilih mewakili seberapa besar kebutuhan listrik kita beserta besarnya pengeluaran yang harus kita keluarkan.

Seperti misalnya golongan 450 VA, 900 VA, 1300 VA, 2200 VA, atau 3500 VA. Semakin kecil kebutuhan listrik kita maka akan lebih baik pula kita memilih golongan dengan nilai yang kecil.

  1. Peralatan Hemat Listrik

Penghematan dalam penggunaan listrik ternyata juga diperhatikan oleh perusahaan- perusahaan besar untuk memproduksi produk- produk yang hemat listrik. Seperti misalnya tv hemat listrik, lampu hemat listrik, ataupun setrika hemat listrik.

Pada produk lampu atau tv kini sudah tersedia dengan kualias LED atau Light Emmiting Diota yang memiliki banyak keunggulan. Seperti misalnya lebih terang, tidak panas, hemat energi, dan lebih tahan lama.

Ataupun pada setrika yang dapat mengatur tingkat panasnya suhu agar juga dapat menghemat pengeluaran listrik. Namun memang untuk dapat memiliki peralatan yang hemat listrik ini kita masih harus mengeluarkan dana yang cukup besar namun dapat menghemat listrik dalam waktu yang panjang.

  1. Penggunaan AC

AC termasuk peralatan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal ditempat dengan suhu yang cukup panas untuk menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk.

Namun terkadang penempatan AC dilakukan dengan tidak tepat sehingga mampu meningkatkan pengeluaran listrik pada akhirnya. Ada baiknya ketika hendak meletakan sebuah AC pada ruangan, kita pertimbangkan dahulu seberapa besar ruangan yang akan ditempati.

Karena jika ruangan yang besar dan hanya ada satu AC, sudah pasti AC tersebut akan mengeluarkan daya yang cukup besar untuk menyejukan ruangan tersebut.

  1. Berlangganan Listrik Prabayar

Salah satu yang dapat kita lakukan dalam menghemat pengeluaran listrik adalah dengan berpindah menjadi pelanggan listrik prabayar.

Karena dengan listrik prabayar kita bisa mengontrol seberapa besar pengeluaran kita untuk listrik karena menggunakan sistem pulsa. Oleh karena itu, berlangganan listrik prabayar membuat kita bisa mengontrol seberapa besar pengeluaran kita untuk listrik.

  1. Manual

Perbanyak lakukan aktifitas yang bisa dilakukan tanpa bantuan dari listrik. Seperti misalnya mencuci pakaian yang bisa dilakukan secara manual atau tidak menggunaka AC pada saat suhu tidak panas.

Baca Artikel Lainnya :

Semakin sedikit peralatan listrik yang digunakan, akan semakin sedikit pula biaya yang kita keluarkan pada akhirnya.

Demikian beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik. Semoga bermanfaat.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *