Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk Anak Menggigit Kuku

Masa kecil anak selalu dihiasi dengan kebiasaan yang terbilang aneh dan kadang buruk, salah satunya adalah kebiasaan menggigit kuku. Bermain hingga tangan kotor merupakan hal yang biasa terjadi pada anak.

Sayangnya, jika kuku yang digigit masih kotor, tentu saja hal ini akan membuat kuman atau bakteri masuk dalam tubuh. Selain dari segi kesehatan, menggigit kuku juga dapat memberi pengaruh buruk secara psikologi anak.

r 133

Sedini mungkin, hindari kebiasaan menggigit kuku pada anak. Kebiasaan menggigit kuku pada anak bisa saja dipengaruhi oleh berbagai faktor pemicu. Salah satu faktor pemicu paling umum adalah stress atau depresi yang diderita sang anak.

Selain dari kedua faktor tersebut, penyebab lain adalah rasa bosan yang dialami anak. Karenanya, jika ingin menghentikan dalam menggigit kuku maka faktor pemicunya juga harus dihilangkan.

Berikut adalah langkah menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

  • Menambah asupan kalsium

Kebiasaan menggigit kuku kadang dipengaruhi oleh tingkat kalsium dalam tubuh. Untuk mengatasi keadaan ini, tambahkan asupan kalsium sesuai yang dibutuhkan anak. Asupan kalsium dapat diperoleh dari susu, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

  • Mengurangi waktu kosong

Semakin banyak waktu kosong yang dipunyai anak, maka kebiasaan menggigit kuku akan lebih sering terjadi. Kurangi waktu kosong dengan memberikan aktiitas tambahan. Bisa saja aktifitas tersebut berhubungan dengan minat bakatnya, atau membantu orang tua.

  • Memberi perasa pahit

Rasa yang tidak enak pada kuku akan membuat anak malas menggigit kuku lagi. Gunakan perasa yang tidak disukai oleh anak-anak. Rasa pahit adalah salah satu rasa yang tidak disukai anak manapun. Memberi rasa pahit merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh orang tua.

  • Mengenalkan perawatan kuku

Tidak hanya bagi remaja, mengenalkan perawatan kuku pada anak dapat membantu menjaga kuku tetap baik. Ajari anak bagaimana cara merawat kuku yang benar.

Dengan begini, sang anak pasti akan merasa sayang jika akan menggigit karena perawatan yang dilakukan tidak gampang.

  • Melindungi kuku

Cara menghentikan kebiasaan buruk menggigit kuku bisa dilakukan dengan melindungi kuku. Cara melindungi kuku dapat ditempuh dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan kuku palsu. Penerapan kuku palsu akan melindungi kuku asli agar tidak rusak.

Baca Artikel Lainnya :

  • Menghilangkan faktor pemicu

Memberikan pengertian tentang efek buruk dapat mencegah kebiasaan ini semakin parah. Menggigit kuku biasanya dipicu oleh berbagai faktor. Karenanya, memberikan pengertian tentang faktor pemicu dapat mencegah kebiasaan ini berlanjut.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *