Cara Menghilangkan Noda Tinta Pada Pakaian

Punya pakaian favorit? Kita semua pasti pernah memiliki pakaian favorit yang sering kita kenakan pada saat- saat khusus yang ketika mengenakan pakaian tersebut kita menjadi lebih tambah percaya diri dibandingkan ketika kita mengenakan pakaian lainnya.

Tapi bagaimana jika pakaian favorit kita terkena noda tinta? Pasti hal itu cukup untuk membuat kita menjadi gusar dan marah karena pakaian tersebut jadi tidak bisa kita kenakan lagi.

s 128

Noda tinta adalah salah satu noda membandel pada pakaian yang diyakini sebagai salah satu noda yang sulit untuk dibersihkan. Itulah kenapa kebanyakan orang yang pakaiannya terkena noda tinta merasa gusar karena takut pakaiannya tidak akan kembali bersih seperti semula.

Namun walaupun noda tinta adalah noda membandel, tetap saja terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian kita. Apa saja cara- caranya, berikut ulasannya:

  1. Menghilangkan noda tinta dengan air susu

Cara yang paling mainstream dilakukan oleh orang- orang untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian adalah dengan menggunakan air susu.

Cukup rendam pakaian yang terkena noda tinta didalam air susu, kucek sebentar, rendam lagi beberapa waktu baru setelah itu diangkat dan dibilas dengan air dingin. Menghilangkan noda tinta pada pakaian juga bisa dilakukan dengan menggunakan susu busuk.

Cukup taruh susu didalam wadah dibawah sinar matahari langsung sampai susu mengental dan berbau yang menandakan susu siap digunakan. Bubuhkan susu tersebut pada bagian pakaian yang terkena noda tinta beberapa saat, kucek, dan lalu dibersihkan dengan menggunakan air sabun dam kemudian bilas dengan air besih.

  1. Menghilangkan noda tinta dengan hairspray

Cara kedua yang banyak direkomedasikan oleh orang- orang tentang cara menghilangkan noda tinta pada pakaian adalah dengan menggunakan hairspray. Namun walaupun begitu, tidak semua hairspray dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian.

Menghilangkan noda tinta pada pakaian hanya bisa digunakan dengan menggunakan hairspray yang mengandung aerosol. Caranyapun cukup mudah. Hanya cukup menyemprotkan hairspray pada kain bersih dan kemudian di gosok- gosokan pada bagian pakaian yang terkena noda tinta.

Namun walaupun banyak direkomendasikan oleh orang- orang untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian, ternyata menggunakan hairspray dapat meninggalkan residu yang lengket pada pakaian.

  1. Menghilangkan noda tinta dengan Aseton

Aseton atau penghapus cat kuku mungkin sudah tidak asing bagi anda yang sering merawat kecantikan kuku jari.

Tapi taukah anda kalau Aseton ternyata mampu menghilangkan noda tinta pada pakaian hanya cukup meneteskannya saja pada bagian pakaian yang terkena noda tinta? Diamkan pakaian setelah ditetesi Aseton selama kurang lebih 30 menit sebelum selanjutnya dikucek sampai noda tinta mulai mengabur dan menghilang.

Sebagai finishing, selanjutnya kita hanya perlu mencuci pakaian tersebut dengan detergen dengan cara yang biasa. Catatan, jika noda tinta pada pakaian tidak terlalu besar, mungkin kita bisa menggunakan cattonbath saat memberikan Aseton pada noda tinta tersebut.

  1. Menghilangkan noda tinta dengan Amonia

Cara lain yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian adalah dengan menggunakan Amonia. Hanya saja penggunaan zat Amonia ini hanya khusus untuk pakaian yang berbahan non- sintetis.

Cara penggunaannya, Amonia ini harus di campur terlebih dahulu dengan spiritus metilasi atau biasa juga dikenal dengan alkohol denarutasi sesuai dengan besarnya jumlah noda.

Selanjutnya kita rendam pakaian yang terkena noda tinta dengan tambahan cuka sebagai penetralisir Amonia. Setelah beberapa lama di rendam, pakaian bisa dicuci seperti biasanya.

  1. Menghilangkan noda tinta dengan alkohol gosok (alkohol denaturasi)

Penggunaan alkohol ini sama dengan penggunaan Aseton. Noda tinta hanya perlu kita gosok- gosokan dengan tetesan, dengan menggunakan cattonbath, alkohol untuk selanjutnya dicuci seperti biasanya.

Namun yang harus diperhatikan adalah jangan gunakan cara ini pada pakaian yang terbuat dari katun, karena noda tinta akan menyebar ketika terkena alkohol.

  1. Jasa Penatu

Jika semua cara diatas tidak berhasil menghilangkan noda tinta pada pakaian, selanjutnya mungkin pakaian bisa kita bawa pada jasa penatu untk dry cleaning.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya sebelum menggunakan jasa penatu, kita menanyakan dahulu apakah penyedia jasa tersebut menggunakan alat- alat khusus untuk dapat menghilangkan noda membandel seperti alat Spotting Board.

Hal ini penting karena ternyata tidak semua penyedia jasa penatu tidak menyediakan alat- alat yang sesuai standart untuk dapat menghilangkan noda membandel.

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan noda tinta yang membandel dari pakaian. Namun yang lebih utama dari semua cara diatas adalah penanganan saat pakaian yang kita kenakan baru terkena tinta.

Pakaian yang terkena tinta jangan pernah digosok- gosok karena akan menyebabkan noda tinta akan menyebar dan cepat kering. Tapi gunakanlah tissue atau spons atau kain lain yang dapat menyerap cairan.

Cukup tempelkan saja dan tekan pada bagian pakaian yang terkena noda tinta agar cairan tinta dapat diserap oleh tissue atau spons atau kain tadi.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu, saat pencucian pun pakaian yang terkena noda tinta atau noda membandel lainnya harus dipisahkan dengan pakaian yang tidak terkena noda membandel. Karena pakaian yang terkena noda tinta harus dicuci dengan detergen atau sabun cuci yang khusus noda membandel. Semoga bermanfaat.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *