Cara Menghindari Cedera saat Olahraga Lari

Cara Menghindari Cedera saat Olahraga Lari – Olahraga lari merupakan olahraga yang murah meriah dan sangat sehat. Tak pelak, olahraga ini sangat digemari di seluruh dunia.

Namun, ada risiko cedera apabila Anda tidak memiliki persiapan yang baik sebelum melakukan olahraga lari.

kaki panas

Umumnya, ada dua penyebab utama yang dapat mengakibatkan cedera pada olahraga lari, yakni ketidakseimbangan dan intensitas latihan yang kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memulai olehraga lari.

Persiapkan Badan Anda dengan Berjalan Santai

Jika Anda adalah pelari pemula, atau baru kembali dari cuti berlari yang sangat lama, Anda dapat melakukan penyesuaian dengan berjalan santai sembari melakukan peregangan otot sekujur tubuh.

Selain itu, jalan santai dapat menguatkan otot, melancarkan persendian dan juga tendon otot yang akan menghindarkan diri Anda dari risiko cedera.

Pahami Tipe Tubuh Anda dan Cobalah Untuk Tidak Memaksakan Diri

Setiap kilogram bobot yang sesorang miliki, ia akan menopang empat kali lipat bobotnya itu pada lingkar lutut saat berlari. Dengan kata lain, jika berat badan Anda adalah 60 kilogram, maka akan ada sekitar 240 kilogram tekanan pada lutut saat berlari.

Latihan Secara Teratur atau Pakailah Personal Trainer

Anda harus memiliki program latihan secara teratur. Masa latihan juga harus memiliki variasi harian, mingguan, dan juga bulanan.

Anda bisa merasakan adanya gangguan dan ketidaknyamanan pada diri Anda bila pola latihan Anda tidak teratur dan tidak sesuai. Maka, kehadiran seorang personal trainer sangatlah penting.

Pakai Sepatu yang Sesuai

Ada banyak sekali jenis sepatu yang tersedia di pasaran. Temukan sepasang sepatu yang Anda rasakan cocok dengan gaya berlari Anda dan nyaman digunakan.

Selain itu, pastikan juga kaki Anda mendapatkan sirkulasi udara yang cukup untuk mencegah keringat berlebih.

Lakukan Pemanasan untuk Mencegah Cedera

Selalu lakukan pemanasan ringan selama 10 menit sebelum berlari. Lakukan stretching dinamis sebelum berlari dan stretching statis setelah berlari.

Baca Artikel Lainnya :

Lebih baik lagi, Anda bisa mengistirahatkan kaki Anda dengan rendaman es setelah berlari. Hal tersebut dapat merelaksasi otot dan mempersiapkan kaki lebih baik lagi untuk kegiatan lari selanjutnya.

Lebih dari itu, perdalam pengetahuan Anda tentang aturan medis untuk kegiatan olahraga lari. Selamat berlari!

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *