Cara Menghitung Zakat Mal ( Harta Benda) Dan Profesi Menurut Pandangan Islam

Membayar zakat hukumnya wajib bagi setiap orang muslim karena  zakat merupakan salah satu rukun Islam. Zakat sendiri dalam Islam dibagi menjadi beberapa bagian seperti zakat fitrah, zakat maal atau harta benda dan juga zakat profesi.

r 159

Zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap orang muslim. Akan tetapi untuk  zakat maal dan zakat profesi ada ketentuan-ketentuannya. Nah, bagaimanakah cara menghitung zakat maal dan zakat profesi? Berikut ulasannya.

  1. Zakat maal atau harta benda

Zakat maal atau yang biasa disebut dengan zakat harta benda adalah zakat yang dikeluarkan dari semua harta benda yang dimiliki oleh seseorang. Cara menghitung zakat mal ini adalah dengan melihat apakah harta kita sudah mencapai nisab atau belum.

Cara menghitung nisab zakat mal adalah 85 x harga emas pasaran per gram.  Besaran zakat mal adalah 2,5 % dari keseluruhan harta yang kita miliki.

Contoh, Pak Jono memiliki kekayaan total sebesar 1 miliar yang telah dikumpulkan selama 1 tahun. Pertama kita hitung nisab zakat mal terlebih dahulu. Jika harga 1 gram emas sebesar 250.000 maka nisabnya adalah 85 x 250.000 = 21.250.000. karena harta pak Jono melebihi nisab maka ia harus membayar zakat mal sebesar 1 miliar x 2,5% = 25.000.000. itulah zakat mal yang harus dibayar pak Jono.

  1. Zakat profesi

Zakat profesi merupakan zakat yang masih bagian dari zakat maal. Zakat yang  juga sering disebut dengan zakat penghasilan atau zakat pendapatan adalah zakat yang dikeluarkan dari hasil penghasilan seseorang dari profesinya jika sudah mencapai nisab.

Pengeluaran zakat ini berdasarkan pada surat At Taubah ayat 103 yang berarti : “Pungutlah zakat dari kekayaan mereka, berarti kau membersihkan da mensucikan mereka dengan zakat itu, kemudian doakanlah mereka, doamu itu sungguh memberikan kedamaian buat mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

Cara menghitung zakat profesi ada 2 macam yaitu :

  • Memotong secara langsung 2,5% dari penghasilan kotor. Jika penghasilan seseorang 3.000.000 setiap bulannya maka ia harus memotong 2,5% x 3.000.000 = 75.000 perbulannya untuk diberikan kepada orang yang berhak.
  • Zakat profesi di hitung setelah di kurangi kebutuhan pokok. Jika penghasilan 1.500.000 dan kebutuhan pokok 1.000.000 setiap bulannya, maka sisanya yang 500.000 x 2,5% = 12.500 dan itulah yang wajib di zakatkan.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah cara menghitung zakat mal dan zakat profesi menurut pandangan Islam. Semoga bermanfaat.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *