Cara Mengkilapkan Batu Akik Secara Tradisional

Cara Mengkilapkan Batu Akik Secara Tradisional – Batu Akik merupakan penghias yang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia.

Awalnya batu akik memang sudah banyak digemari oleh beberapa kalangan seperti dari dulu Tesi srimulat sudah menggunakan banyak batu akik dijarinya.

Untitled

Akhirnya batu akik semakin membooming setelah mantan presiden Indonesia SBY menggunakan batu akik saat berpidato. Saat itulah batu akik semakin banyak peminatnya dan bisa menghasilkan banyak keuntungan jika berbisnis batu cantik tersebut.

Sudah banyak sekarang jenis–jenis batu akik yang di Indonesia. Beberapa jenis mempunyai harga yang fantastis sampai ratusan juta rupiah.

Untuk itu bagi para pemula yang ingin bermain di bidang ini tentunya perlu mengetahui jenis–jenis dan cara–cara untuk merawat batu akik. Tentunya batu akik yang cantik dan mengkilap akan meninggalkan kesan yang bagus pula.

Ada beberapa cara tradisional yang bisa digunakan untuk mengkilapkan batu akik. Siapa yang tidak mau perhiasan batu akik nya mengkilap dan indah?

  1. Menggosok batu akik dengan amplas. Kertas amplas bisa dengan mudah ditemukan di toko – toko bangunan. Gunakan kertas amplas yang lembut untuk menggosoknya lalu gosok ke seluruh permukaan dengan cara perlahan.
  2. Menggosok batu akik dengan bambu. Lapisan lembut yang terdapat pada bambu bisa digunakan untuk menggosok batu akik. Gunakan bambu yang ukurannya sedang dan cuci bambu tersebut. Kemudian jemur bambu tersebut sampai kering dan gosokkan batu akik ke bambu tersebut secara lembut.
  3. Menggosok batu akik dengan kulit. Kulit bekas yang lembut bisa digunakan untuk mengkilapkan batu akik. Misalnya anda mempunyai ikat pinggang kulit yang tidak terpakai, maka gunakanlah bagian kulit tersebut untuk menghilangkan noda yang ada di batu akik.
  4. Menggosok batu akik dengan daun pisang kering. Jika disekitar lingkungan anda ada pohon pisang yang daunnya sudah kering maka ambil lah daun tersebut sebagai alat untuk menggosokkan batu akik. Berilah alas yang lembut untuk mencegah batu menjadi lecet saat menggosok batu akik.
  5. Rendam batu akik dengan air kelapa. Cara ini menjadi salah satu cara yang termudah karena batu akik hanya direndam semalam di dalam air kelapa dan keesokannya keringkan dengan kain yang lembut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *