Cara Mengobati dan Menangani Biang Keringat

Sebelum kita membahas pengobatan biang keringat mari kita kenali dulu apa yang disebut biang keringat. Biang keringat adalah ruam kecil kemerahan dan biasanya menonjol dan terasa gatal, kadang dapat menyebagkan sensasi menyengat atau perih pada kulit.

s 9

Usia penderitanya dapat bervariasi mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Penyebabnya biasa karena cuaca panas atau lingkungan yang lembab, biasanya akan muncul setelah kulit terkena pajaran suhu panas dan bisa muncul hamper di seluruh bagian tubuh, akan tetapi paling sering terjadi di bagian wajah, leher, punggung, dada dan kaki.

Berikut adalah jenis-jenis biang keringat:

  • Milania kristalina, merupakan biang keringat yang ringan yaitu hanya mempengaruhi saluran keringat dari lapisan terluar, tandanya dengan muncul bintil berisi cairan jernih yang mudah pecah. Kondisi ini sangat sering terjadi pada bayi disbanding orang dewasa. Biasanya biang keringat ini tidak gatal dan tidak sakit.
  • Mliaria rubra, jenis ini muncul di lapisan kulit yang lebih dalam kadang terjadi di wilayah tubuh dengan suhu panas dan lebab. Gejalanya adalah sensasi gatal dan menyegat disertai bintil merah, keringat juga akan berkurang pada bagian ruam. Terjadi inflamasi dan terasa sakit akibat dari keringat yang tidak keluar dari permukaan kulit.
  • Miliaria pstulosa, merupakan tingkat lanjutan dari malaria rubra dimana bintil mengalami inflamasi dan bersisi nanah.
  • Miliraria profunda, jenis ini jarang sekali terjadi dan berdampak pada lapisan terdalam kulit. Jenis ini biasa berifat kronis dan sering kambuh. Kondisi ini paling banyak terjadi pada orang dewasa setelah aktivitas fisik ayng menghasilkan banyak keringat. Gejalanya akan muncul binitl merah berukuran lebih besar dan lebih keras.

Biang keringat secara umum bukan kondisi medis yang membutuhkan penganganan khusus karena biasanya kondisi ini akan pulih dengan sendirinya hanya dengan mendinginkan kulit dan menghindarinya dari panas.

Akan tetapi pada kondisi tertentu ada bagiknya diwaspadai bahaya infeksi yang menyertai, segera hubungi dokter apabila gejala terasa semakin parah.

Secara umum biang keringat adalah fenomena terjebaknya keringat dalam kulit sehingga tidak dapat keluar untuk menguap sehingga akibatnya kuilt mengalami infeksi dan inflamasi. Berikut adalah penyebab umu dari biang keringat:

  • Cuaca lembab dan panas pada iklim tropis
  • Penggunaan pakaian yang terlalu tebal, atau tidur dengan selimut yang terlalu teba
  • Aktivitas fisik seperti bekerja atau berolah raga yang cukup berat hingga menyebabkan banyak keluar keringat
  • Kelenjar keringat yang belum berkembang, terutama pada bayi yang sedang dihangatkan dalam inkubatoratau saat demam. Bayi belum memiliki kelenjar keringat yang berkembang sepenuhnya dan terkadang membuat keringat tertahan di dalam
  • Bed rest yang terlalu lama dan beberapa bagian tubuh mengalami kepanasan

Setelah kita mengenali apa itu biang keringat dan bagaimana terjadinya mari kita lihat bagaimana penanganan biang keringat:

  • Biang keringat yang terjadi karena panas dan lembab dapat diatasi dengan mendinginkan bagian kulit yang ruam, serta rehidrasi guna mengganti cairan tubuh
  • Menjaga kulit tetap dingin dengan mandi atau berendam dapat membantu mengurangi resiko biang keringat
  • Menggunakan pakainan yang longgar guna menghindari panas dan gesekan berlebih pada kulit serta memilih bahay yang dapat menyerap keringat lebih baik
  • Mengkonsumsi obat antihistamin guna meredakan gatal pada kulit dan pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaan obat ini

Baca Artikel Lainnya :

  • Penggunaan krim hidrokostison yang sangat efektif mengatasi bagian kulit yang gatal dan iritasi, hindari penggunaan pada bagian wajah dan iktui petunjuk penggunaan
  • Penggunaan lotion calamine yang dapat dibeli bebas di took obat terdekat akan membantu meredakan kulit sakit dan mengalami inflamasi

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *