Cara Mengobati dan Menangani Naik Betis

Di musim hujan seperti ini, fenomena naik betis memang selalu membayangi masyarakat. Untuk dapat mengobati dan menangani naik betistidak harus selalu minum obat warung, namun ada beberapa cara alami yang dapat digunakan agar lebih aman. Berikut silahkan disimak:

n 71

  • Menggunakan Icepack

Es merupakan satu alat yang dapat meredakan nyeri secara efektif, selain itu es juga memiliki fungsi sebagai agen anti inflamasi.Untuk dapat mengobati dan menangani naik betisdengan es ini hanya perlu memijat daerah yang sakit atau kram dengan es.

Setelah kurang lebih 10 menit atau kulit sampai berwarna merah cerah barulah berhenti. Hal tersebut menunjukan sel-sel darah memanaskan kembaliotot.

  • Kunyit dan Tawas

Kunyit memiliki senyawa potentantiseptic yang dapat meredakan nyeri, sedangkan tawas dikenal dapa menenangkan dan mengurangi darah. Gabungan 2 bahan tersebut dapat menjadi obat yang efektif untuk mengobati dan menangani naik betis.

Caranya, oleskan secara tebal hasil tumbukan tawas dan kunyit di daerah yang kram. Lakukan kegiatan ini 2 kali sehari selama 2 hari untuk membantu mengurangi rasa sakit.

  • Kompres Hangat

Kegiatan kompres hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah dan juga membuat otot lebih fleksibel, sebagian orang lebih menyukai kompres hangat dibanding es untuk mengobati dan menangani naik betissecara alami.

Tempelkan ped panas di darah yang kram kurang lebih 10 menit, atau bisa juga dengan mandi air hangat.

  • Minyak Gandapura/Wintergreen

Mengandung senyawa metil salisilat, senyawa tersebut dapat meredakan nyeri dan juga merangsang aliran darah.

Untuk mengobati dan menangani naik betisdengan bahan ini ialh dengan mencampurkan 2 sendok the minyak ditambah  sendok teh minyak sayur, kemudian pijatkan pada bagian yang nyeri.

  • Daun Kelor/Drumstick Leaves

Daun kelor dapat menghilangkan rasa sakit dan kram karena sifatnya yang antiinflamasi. Daun kelor dapat meningkatkan aliran darah dan juga memiliki berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan.

Untuk mengobati dan menangani naik betisdengan daun kelor caranya dengan menghancurkan daun kelor hingga membentuk ekstrak jus, kemudian pijatkan pada daerah yang nyeri. Cara lainnya dengan menempatkan daun kelor yang telah dihangatkan di seluruh wilayah yang sakit.

  • Garam

Kram pada otot dipicu karena kurangnya natrium dalam tubuh, garam memiliki kandungan natrium yang baik dan dapt mengobati dan menangani naik betis.

Baca Artikel Lainnya :

Cara paling sederhana lainnya untuk mengobati dan menangani naik betis adalah dengan melakuan peregangan. Lakukan kegiatan peregangan ini selama 5 sampai 10 menit (pemanasan dan pendinginan) pada bagian lengan, kaku, paha, betis, dan telapak.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *