Cara Mengobati Dan Mengatasi Anak Yang Sedang Diare

Diare pada anak adalah suatu kondisi buang air dengan banyak cairan. Diare merupakan gejala dari penyakit tertentu atau gangguan lain yang mungkin terjadi pada anak anda. Diare banyak ditemui di negara berkembang karena rendahnya standar hidup.

s 119

Diare dapat menyebabkan dehidrasi sehingga merupakan salah satu penyebab kematian pada anak. Nah, apabila anak mengalami diare, bagaimana mengobati dan mengatasinya? Berikut adalah cara mengobati dan mengatasi anak yang sedang diare :

  • Rehidrasi adalah mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cara melalui mulut (memberikan minum) atau melalui infus. Infus diberikan pada kondisi dehidrasi berat
  • Pastikan porsi makanan yang anda berikan untuk anak anda memenuhi kebutuhan minimal anak anda. Anda tidak boleh membiarkan anak anda tidak makan dan minum walaupun mungkin mereka menolak dan enggan makan. Anda harus tetap memberikan asupan makan seperti biasa
  • Berikanlah obat dalam jumlah seminimal mungkin. Pada sebagian besar kasus diare pada anak, diare akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus memberikan antibiotik dan antidiare. Pemberian antibiotik malah dapat menyebabkan diare kronik

Penanganan kasus diare dapat dilakukan di rumah. Apabila anak belum mengalami dehidrasi, berikan minum minimal sejumlah 10 mililiter per kilogram berat badan anak. Hal ini dilakukan setiap saat anak mencret agar cairan tubuh yang hilang dapat tergantikan.

Cairan tubuh ini penting untuk diganti untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat berujung pada kematian. Anda juga dapat memberikan oralit dengan dosis yang sesuai dengan berat badan anak anda.

Apakah anda perlu membawa anak anda ke dokter ketika mengalami diare? Tentunya anda harus memperhatikan kondisi anak anda.

Apabila kondisi anak anda menunjukkan perbaikan, misalnya kesadaran anak anda membaik, rasa haus berlebihannya berkurang, mulut dan bibirnya menjadi lebih lembab, mengeluarkan urin dalam jumlah banyak, dan turgor kulitnya membaik, anda tidak perlu membawa anak anda ke dokter.

Baca Artikel Lainnya :

Namun apabila setelah anda melakukan penanganan diare di rumah dan kondisi anak anda tidak menunjukkan perbaikan, sebaiknya anda membawa anak anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *