Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK) terjadi karena adanya bakteri yang menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Sebagian besar kasus ISK terjadi disebabkan bakteri Escherichia coli yang berkembang biak di sekitar usus besar dan anus.

s 83

Jika ISK dibiarkan tanpa ada penanganan lebih lanjut, hal ini tentu akan menyebabkan komplikasi yang serius pada bagian lainnya, sepeti gangguan ginjal hingga infeksi darah. Maka dari itu, berikut ini beberapa cara untuk mengobati Infeksi Saluran Kemih.

  1. Jangan menahan buang air kecil

Walaupun terlihat sepele, namun menahan buang air kecil dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti batu ginjal dan Infeksi Saluran Kemih. Maka dari itu, jika Anda ingin buang air kecil jangan pernah ditahan dan menyiksa diri.

  1. Perbanyak minum air putih

Untuk membersihkan bakteri yang menyerang sistem saluran kemih, Anda dapat melakukannya dengan banyak meminum air putih. Selain air putih, Anda juga dapat meminum jus berry atau cranberry untuk mencegah ISK.

  1. Jaga kebersihan organ intim

Kebersihan dan kesehatan organ intim sangat penting karena organ ini merupakan salah satu organ yang sensitif. Dengan menjaga kebersihannya, akan mencegah bakteri untuk berkembang biak.

Cara menjaga kebersihan organ intim dapat dilakukan dengan sering mengganti pakaian dalam dan usahakan pakaian dalam menggunakan bahan katun. Selain itu juga bersihkan organ intim setelah buang air  kecil ataupun berhubungan seksual agar bakteri tidak menyebar dan bersarang.

  1. Hindari penggunaan kontrasepsi diafragma

Coba berkonsultasi dengan dokter metode kontrasepsi yang cocok dan aman bagi Anda agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit dikemudian hari.

  1. Gunakan antibiotik

Untuk yang satu ini Anda juga harus mengkonsultasikannya dengan dokter. Penggunaan antibiotic akan membantu mematikan bakteri yang menyerang sistem saluran kemih dan juga akan mengurangi nyeri.

Baca Artikel Lainnya :

Jika ISK yang Anda derita tergolong dengan ISK ringan, Anda dapat mengompres dengan air hangat. Biasanya ISK ringan akan sembuh setelah beberapa hari. Namun jika dirasa sudah parah, segara periksakan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *