Cara Mengobati Nanah Pada Luka

Cara Mengobati Nanah–Ketika seseorang terluka, biasanya pada sebagian luka terdapt nanah yang keluar. Hal ini selain terasa menyakitkan, luka bernanah biasanya membuat orang tersebut merasa jijik.

Untuk dapat mengobati nanah yang keluar dai luka, cara mengobati nanahyang dilansir dari situs kinisehatberikut ini patut dicoba:

n 72

  • Garam dan Air Hangat

Cara mengobati nanahyang timbul karena luka adalah dengan menggunakan larutan NaCl. Untuk mendapatkan larutan ini, campurkan garam dengan air hangat.

Untuk pengaplikasiannya, bersihkan luka yang bernanah dengan larutan tersebut untuk mematikan bakteri yang ada dan membersihkan nanah. Lakukan jenis perawatan ini 3 kali sehari secara rutin.

  • Air Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yang mengandung antibiotic, oleh karenanya air kunyit dapat menjadi cara mengobati nanahyang timbul akibat terluka. Antibiotik yang terdapat dalamkunyit sangat berguna untuk membuat nanah pada luka mongering.

Caranya, parut kunyit dan peras untuk diambil airnya. Setelah melakukan pembersihan luka dengan air garam, oleskan air kunyit pada bagian tubuh yang terluka. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini dengan rutin.

  • Bubuk Kopi

Selanjutnya untuk cara mengobati nanah juga dapat dilakukan dengan bahan ang sederhana, yakni dengan menggunakan bubuk kopi.

Pada dasarnya memang kopi memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai luka, seperti luka bakar, luka goresan benda tajam, luka karena terjatuh, bahkan luka koreng yang telah ternfeksi.

Kopi memiliki senyawa yang dapat mematikan bakteri Methicillin Resistant Starhvlococcus aureus yang biasanya terdapat pada luka bernanah.

Caranya, taburkan bubuk kopi pada luka yang bernanah, sebaiknya menggunakan bubuk kopi hasil dari tumbukan sendiri. Taburkan secara merata pada luka hingga tertutup, namun jangan terlalu tebal.

  • Kulit Kayu Putih

Hasil penyulingan daun yang menghasilkan minyak alami pada kayu putih dapat menjadi cara mengobati nanahyang efektif.

Kulit dari kayu putih di dalamnya mengandung melaluicin, yakni sebuah senyawa aktif yang mengandung analgesic yang dapat meredakan nyeri dan juga dapat menjadi desinfektan yang alami untuk mengobati infeksi.

Baca Artikel Lainnya :

Caranya, siapkan kulit kayu putih, asam jawa, dan jahe. Cuci ketiga bahan tersebut dan biarkan kering terkena paparan sinar matahari, kemudian tumbuk hinga halus dan semua bahan tercampur rata. Hasilnya balurkan pada luka, lakukan cara ini 2 kali sehari.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *