Cara Mengobati Penyakit Hati Dalam Islam

Cara Mengobati Penyakit Hati Dalam Islam – Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian penyakit hati dalam Islam, dan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati penyakit hati dalam Islam.

Pengertian penyakit hati

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kita sedikit mengulang penjelasan mengenai pengertian dari penyakit hati dalam Islam.

Adapun pengertian dari penyakit hati adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya apabila dibandingkan dengan penyakit jasmani lainnya. Penyakit hati adalah salah satu penyakit yang menyerang qalbu manusia. Penyakit ini tertanam di dalam jiwa dan sangat sukar untuk ditawar, selain itu penyakit ini juga bisa menular kepada manusia lain.

Cara Mengobati Penyakit Hati

Penyakit hati bisa timbul dengan berbagai sebab, misalnya saja karena didzalimi oleh orang lain dan kemudian timbul perasaan dendam, sering mengeluh akan kehidupan yang dijalani, sering membanding-bandingkan besar rezeki yang didapat orang lain dengan rezeki yang diperoleh tidak mensyukuri nikmat yang ada.

Adapun untuk mengobati penyakit hati pada dasarnya tergantung dengan penyakit hati yang dialami. Berikut adalah jenis-jenis penyakit hati dan cara mengobatinya :

  • Hasad, Iri dan Dengki

Perilaku ini biasanya disebabkan karena seseorang membanding-bandingkan besar rezeki yang diterima orang lain dengan rezeki yang didapatkannya dari Allah swt

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا ۖ وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ ۚ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS An Nisa : 32)

Untuk mengobati sifat Hasad, Iri Hati dan Dengki sebaiknya kita banyak bersyukur akan rezeki yang diberikan oleh Allah swt.

  • Sombong dan Ujub (membanggakan diri)

Perilaku ini sangat dibenci oleh Allah SWT. Hanya Allah swt, sang pencipta langit dan bumi saja yang berhak memiliki sifat ini.

وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولًا

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (QS Al Isra :37)

Senantiasa beristighfar dan mengingat kebesaran Allah swt, maka Inshaallah kita akan terhindar dari sifat tersebut.

  • Riya atau suka pamer
  • Kikir atau pelit

Salah satu penyakit hati dimana seseorang tidak ingin memberikan hartanya kepada orang-orang yang membutuhkan sementara ia memiliki harta tersebut.

وَلَا يَحْسَبَنَّ الَّذِينَ يَبْخَلُونَ بِمَا آتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ هُوَ خَيْرًا لَهُمْ ۖ بَلْ هُوَ شَرٌّ لَهُمْ ۖ سَيُطَوَّقُونَ مَا بَخِلُوا بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۗ وَلِلَّهِ مِيرَاثُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Qs Al Imran : 180)

Perbanyaklah bersedekah karena harta yang disedekahkan dengan niat yang ikhlas di jalan kebaikan demi mengharap keridhoan Allah SWT akan mendapatkan balasan yang tak terduga.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengobati penyakit hati dalam islam, semoga menambahkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *