Cara Mengobati Rasa Ngantuk Saat Nyetir

Mengobati Rasa Ngantuk Saat Nyetir– Mengantuk adalah hal yang sangat wajar terjadi pada setiap manusia, kebiasaan mengantuk terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal waktu. Terkadang pada saat-saat yang penting gejala ngantuk ini kerap kali terjadi, termasuk salah satunya saat berkendara.

n 61

Untuk dapat menghilangkan rasa ngantuk, obat yang paling manjur adalah beristirahat alias tidur. Namun jika keadaan yang ada tidak memungkinkan untuk melakukan istirahat atau tidur, seperti dalam keadaan nyetir berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati rasa ngantuk saat nyetir.

Berikut ini ada tips dari Direktur RDL (Rifat Drive Labs) untuk mengurangi rasa kantuk saat berkendara.

Selalu sediakan air mineral di dalam mobil

Menyediakan air agar selalu ada di dalam mobil sangatlah penting, selain untuk melepas rasa dahaga, air ini juga dapat digunakan membasuh muka untuk mengobati rasa ngantuk saat nyetir. Jadi jika terasa lelah dan ngantuk, pengemudi tidak perlu mencari toilet untuk membasuh muka

Buka sedikit kaca jendela

Cara untuk mengobati rasa ngantuk saat nyetir berikutnya adalah dengan cara mematikan pendingin udara yang ada dalam mobil, selanjutnya bukalah kaca mobil sedikit agar udara masuk.

Hal ini dilakukan apabila pengemudi mulai merasa ngantuk, akibat sirkulasi udara yang tidak baik dalam mobil. Selain itu, kondisi udara yang dingin (kabin) juga membuat tubuh terlalu nyaman saat berkendara sehingga menimbulkan rasa kantuk.

Makanan dan minuman

Selain dari cara yang disebutkan di atas, cara mengobati rasa ngantuk saat nyetir selanjutnya adalah dengan memperhatikan jenis dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi.

Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak jenuh sebelum berkendara, karena hal ini akan menimbulkan rasa kantuk. Sebelum berkendara sebaiknya mengkonsumsi makanan seperti snack, buah, atau bisa juga biscuit.

Untuk minuman sendiri, hindari meminum minuman beralkohol, kafein, ataupun minuman stimulan lainnya, karena hal ini dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara. Sebaiknya minum dengan air mineral saja.

Baca Artikel Lainnya :

Mengemudi maksimal 2,5 jam

Batas maksimal tubuh dalam mengemudi adalah 2,5 jam. Jika melakukan perjalanan lebih lama misalkan 6 jam, sebaiknya beristirahat 2 kali dalam perjalanan tersebut. Selain itu, untuk mengobati rasa ngantuk saat nyetirjuga bisa dilakukan beberapa gerakan ringan untuk menyegarkan kembali tubuh.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *