Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang – Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang paling banyak membuat orang tersiksa. Saking menderitanya ada yang mengumpamakan sakit gigi tak jauh beda dengan sakit hati. Hal tersebut dikarenakan rasa sakitnya benar-benar tidak bisa membuat seseorang nyaman dalam beraktifitas.

Untitled

Dari sekian banyak penyebab sakit gigi diantaranya ada yang disebabkan karena gigi berlubang. Gigi berlubang biasanya dikarenakan jarang menggosok gigi sehingga ada sisa makanan dan tumbuh bakteri yang menggerogoti gigi.

Bila telah mengetahui gigi sakit karena ada lubang maka pilihlah obat yang paling tepat. Pemilihan obat yang sesuai akan mempercepat proses penyembuhan.
Baca Juga : 5 Penyakit Yang Dulunya Adalah Hukuman Mati
Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi :

1. Getah jarak

Buah jarak selama ini banyak dimanfaatkan untuk bahan bakar alternative. Usut punya usut ternyata getah dari buah ini bisa digunakan sebagai obat sakit gigi yang berlubang. Caranya sangat sederhana, yakni dengan meneteskan pada kapas kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang berlubang.

Biarkan untuk beberapa saat menempel bagian gigi yang berlubang. Setelah itu bersihkan dengan kumur-kumur air hangat.

2. Jeruk Nipis

Buah kaya manfaat karena kandungan tinggi vitamin C ini bisa dijadikan obat alternative untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi berlubang. Caranya dengan memeras jeruk nipis untuk mengambil air sarinya.

Air perasan jeruk nipis ini ditempelkan pada area yang berlubang dengan bantuan kapas. Mungkin sepintas akan terasa nyeri, itu karena reaksi yang ada di dalamnya sedang bekerja.

3. Biji Alpukat

Bagi yang gemar mengkonsumsi buah alpukat ada baiknya tidak membuang semua bijinya. Ada baiknya menyimpan sedikit untuk persediaan obat sakit gigi.

Biji yang telah dikeringkan dari buah lezat kaya manfaat ini bisa digunakan sebagai obat untuk gigi berlubang. Caranya dengan menghaluskan biji alpukat yang telah dikeringkan. Caranya dengan menaburkan pada bagian gigi yang berlubang, bila kesulitan bisa menggunakan kapas.

4. Cabai Hijau

Tidak saja hanya menjadi bumbu dapur atau menemani gorengan. Tapi cabai hijau yang diakui kaya vitamin C ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi yang berlubang.

Cara menggunakannya cukup unik, yakni dengan memotong bagian ujung cabai. Kemudian dibakar atau lebih tepatnya dipanaskan agar kandungan yang ada pada cabai bisa keluar dan saat ditempelkan pada gigi berlubang akan cepat bereaksi.

5. Minyak Cengkeh

Sejak jaman penjajahan minyak ini telah digunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya dengan meneteskan pada kapas dan menempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan untuk beberapa saat hingga kuman-kuman mati.

Minyak cengkeh juga bisa digunakan sebagai anti-septik. Caranya dengan meneteskan pada air hangat dan digunakan untuk kumur-kumur secara rutin tiap pagi dan malam.

6. Garam

Obat sakit gigi ini paling mudah didapat di dapur. Bahan penyedap rasa ini bisa dilarutkan dengan air hangat kemudian digunakan untuk kumur-kumur. Efeknya akan langsung terasa, lakukan kegiatan ini sampai rasa sakit gigi hilang atau reda.

7. Merica dan Garam

Aneka rempah dan bumbu daput bisa dicampur untuk dijadikan obat sakit gigi. Diantaranya campuran merica halus dan garam. Caranya dengan mencapur kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1 : 1. Tambahkan sedikit air dan terus diaduk hingga menjadi pasta.

Cara menggunakannya dengan menempelkan pasta merica tersebut pada bagian gigi yang berlubang. Biarkan mengendap beberapa saat sampai bakteri yang ada pada gigi mati. Bila rasa sakit gigi telah hilang maka bisa dibersihkan dengan cara kumur-kumur air hangat.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *