Cara Menjaga Dan Melatih Kemandirian Anak

Cara Menjaga Dan Melatih Kemandirian Anak Dalam setiap orang tua manapun pastinya mengiginkan anaknya untuk mandiri dan tidaklah bergantung pada orang lain. Hal ini sangatlah harus di ambil dengan serius untuk melakukan dan mengajarkan kemandirian pada anak sejak kecil.

1

Kemandirian ini bermanfaat untuk membangun rasa tanggung jawab, kecerdasan dan kreativitas pada anak. Dengan demikian, anak yang sudah mulai dewasa akan siap menghadapi berbagai masalah dan prestasi yang akan di hadapi.

Selaku orang tua sebaiknya memulai sejak dini untuk memberikan panduan dan tata cara yang baik serta memberikan contoh yang baik terhadap anak. Sehingga sang anak akan termotivasi dan mengikuti ajaran orang tua. Misalnya dengan memberikan contoh sebelum makan mencuci tangan, berdoa sebelum makan dan cuci tangan sesudah makan serta lainnya yang dapat di contohkan.

Jika seorang anak mengalami kesulitan untuk melakukan hal itu, sebaiknya memberikan sebuah motivasi yang lebih mendorong lah agar anak tidak pentang menyerah. Berikanlah sebuah kepercayaan kepada anak untuk mengatasi masala sendiri, namun tetap dalam pengawasan anda .

Nah untuk menumbuhkan kemandirian pada anak sejak kecil, berikut cara mengajarkan anak untuk memulai mandiri sejak kecil.

Mengajarkan saat bayi

Saat masih bayi untuk memegang botol susunya sendiri saat meminumnya. Biasanya akan memgang payudara ibunya sendiri saat menyusui, sehingga bayi yang diberi botol akan mencoba memegang nya sendiri yang mengira bayi memang payudara ibunya sendiri.

Mengajarkan saat berusia 1 tahun

Saat mulai menginjak 1 tahun bayi sudah melakukan sebuah kegiatan yang rutin, seperti mandi, makan, dan tidur. Hal ini dapat di contohkan jika sudah selesai mandi, bayi sudah bisa memilih pakaiannya sendiri yang dia sukai.

Selain itu, jika bayi diajak untuk makan akan duduk sendiri di kusi makan kecilnya dan berlatih untuk makan sendiri.

Mengajarkan saat berusia 2 tahun

Pada usia 2 tahun bayi , mulai bisa makan sendiri. Serta akan lebih merepotkan anda karena bayi akan lebih aktif untuk membuat barang anda lebih berantakan dan membuat bayi lebih rewel. Sebaiknya anda mengajarkan bayi untuk  membersihkan diri sendiri saat melakukan aktivitas yang membuat bayi belepotan atau jorok.

Mengajarkan saat berusia 3 tahun

Jika bayi diusia ini , akan memudahkan anda karena sih bayi akan berlatih membereskan mainannya sendiri serta membersihkan badannya sendiri dan kerapihannya.

Mengajarkan saat memasuki usia sekolah

Saat memasuki usis sekolah, sebaiknya menjumpakan dengan teman-teman atau temani si kecil agar nyaman dalam dunia barunya. Setelah itu biarkan beradaptasi dengan teman-teman barunya untuk melakukan belajar dan juga melakukan kegiatan di sekolahnya.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *