Cara Menjaga Kualitas Air Sungai

Air merupakan salah satu bagian paling penting dalam kehidupan manusia, tak hanya manusia saja bahkan juga semua mahkluk hidup, baik itu tumbuhan hingga hewan.

1

Keberadaannya sendiri memang bisa dengan mudah di dapatkan dengan gratis, namun beberapa tahun ini kesulitan air sering kali dialami oleh masyarakat Indonesia, bukan masalah kekeringan atau semacamnya melainkan karena air bersih sudah sangat jarang di dapatkan. Jika melihat kondisi semacam ini maka sangat berbanding terbalik dengan pada saat musim penghujan, mengingat beberapa wilayah di Indonesia selalu dihantui bencana alam yaitu banjir.

Banjir yang terjadi juga disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah saluran air yang memang kotor dan juga karena tak adanya daerah resapan. Pada dasarnya air memang akan mengalir dari daerah yang tinggi ke tempat yang rendah yaitu sungai dan juga laut, namun jika dua tempat tersebut sudah banyak diisi oleh tumpukan sampah tentunya pada saat sudah memasuki musim penghujan semua air yang ada akan menggenangi pemukiman manusia. Untuk itulah berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas air sungai agar tetap bagus dan bisa digunakan untuk kepentingan sehari-hari, yaitu:

  • Hindari membuang sampah di sungai atau saluran air, hal semacam ini tentunya sudah biasa terjadi, karena kurangnya lahan untuk tempat sampah maka kebanyakan lebih menyukai membuang pada sungai karena menganggap akan lebih cepat hilang, padahal sampah yang ada khususnya plastik akan mengendap di dalam dan menyebabkan sangai semakin lama semakin dangkal, pada musim kemarau anda akan semakin kesulitan air bersih, namun dimusim penghujan akan menyebabkan banjir.
  • Sebelum ada pembangunan industri berfikir juga mengenai limbah yang nantinya akan mereka buang, cukup banyak kasus limbah pabrik yang dibuang ke sungai, akibatnya tak hanya mencemari saja, namun juga mematikan biota yang ada di air. Bahkan banyak juga daerah yang akhirnya kesulitan air bersih karena hal tersebut.
  • Hindari menangkap ikan menggunakan bahan peledak, salah satu yang menyebabkan air sungai tetap terjaga kebersihannya adalah karena ada makhluk hidup lain yang tinggal di dalamnya, jadi meskipun anda ingin menangkap ikan maka gunakanlah cara yang sewajarnya, bukan dengan bahan peledak atau bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu ekosistem mereka.
  • Gunakan detergen yang ramah lingkungan, biasanya kegiatan seperti mencuci baju di sungai memang masih banyak dilakukan oleh warga desa karena berbagai macam alasan, namun jika sampai sekarang hal ini masih dilakukan maka usahakan untuk menggunakan detergen yang ramah lingkungan dan tak beracun.
  • Hindari menebang pohon sembarangan.

Hal-hal kecil semacam ini jika anda lakukan secara teratur dan terus menerus maka akan memberikan dampak baik untuk lingkungan, sumber air bersih tetap terjaga dan anda juga terbebas dari banjir.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *