CARA MENJAGA KUE AGAR TETAP AWET

Ketika kita membuat kue, pasti sempat terbersit sedikit rasa agar kue tersebut tidak cepat habis dan dapat dimakan untuk beberapa hari ke depan. Kue yang disimpan memiliki reaksinya masing – masing ketika disimpan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

e 26

  • Untuk kue basah jika disimpan dalam waktu yang cukup lama biasanya akan berubah menjadi agak lengket dan sedikit berlendir dan aromanya pun berubah menjadi tidak enak.
  • Untuk kue kering biasanya daya tahannya lebih lama. Reaksi kue kering jika disimpan terlalu lama biasanya adalah ditumbuhi jamur dan berbau apek.

Untuk menjaga jenis – jenis kue tersebut agar tetap awet dalam jangka waktu tertentu berikut adalah tips – tipsnya:

  • Untuk jenis kue basah

  1. Dinginkan kue terlebih dahulu sebelum disimpan di lemari pendingin ataupun sebelum di kemas.
  2. Apabila dalam penyajian atau presentasinya, kue tersebut harus dicampur dengan bahan lain seperti kelapa atau fla, jangan biasakan mencampurnya selama kue tersebut tidak langsung habis saat dikonsumsi
  3. Jangan simpan kue berdekatan dengan bahan makanan lain yang memiliki aroma menyengat seperti durian karena akan mempengaruhi aroma dan original kue itu sendiri.
  • Untuk jenis kue kering

  1. Pastkan kue yang tengah dipanggang di dalam oven matang sempurna
  2. Kue kering yang baru dikeluarkan dari oven harus dibiarkan dingin terlebih dahulu sebelum di kemas atau disimpan di wadah kedap udara.
  3. Pastikan wadah yang akan digunakan untuk menyimpan dalam kondisi bersih dan steril dan juga tidak berbau.
  4. Janagn letakkan wadah kedap udara tersebut di tempat yang langsung terpapar sinar matahari, akrena akan mempercepat proses tumbuh kembangnya jamur makanan
  5. Untuk kue kering yang teksturnya renya, sebaiknya disimpan dengan menggunakan wadah yang bentuknya tinggi.
  6. Untuk kue kering yang teksturnya agak lembut seperti nastar atau kue putri salju sebaiknya disimpan di wadah yang bentuknya tidak terlalu tinggi. Ini dilakukan agar kue tersebut tidak mudah hancur saat disimpan atau dipindah tempatkan.

Setelah membaca tips tips ini, semoga kue anda dapat lebih awet dan tahan lama untuk dinikmati bersama keluarga atau teman terkasih.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *