Cara Menulis Proposal Serta Bagian-Bagian Dari Proposal

Dalam perencanaan sebuah kegiatan, proposal menjadi sesuatu yang wajib dibuat. Proposal dapat dikatakan sebagai sebuah keseluruhan ide yang mencakup bagaimana kegiatan tersebut dapat dijalankan, mulai awal sampai akhir.

Proposal yang baik harus dapat menjelaskan tentang rencana suatu kegiatan dengan jelas dan detil. Dalam sebuah proposal juga harus disertai dengan rencana kegiatan, rencana keuangan dan lainnya.

o 93

Pengertian proposal

Secara sederhana, pengertian proposal adalah sebuah ide tentang semua rencana kegiatan yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Tulisan yang terdapat dalam sebuah proposal harus dapat mewakili keseluruhan konsep tentang kegiatan yang akan dilakukan. Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum membuat proposal, misalnya tentang format penulisan, konten dan bahasa yang digunakan.

Isi bagian-bagian proposal

Untuk menjelaskan maksud proposal tersebut, maka penjelasan harus dibuat secara sistematis. Penjelasan bisa dimulai dari latar belakang hingga teknis pelaksaan kegiatan tersebut.

Dalam menjelaskan tiap bagian tersebut, hendaknya disertai dengan data yang valid. Data ini bisa diperoleh melalui survey yang telah dilakukan. Berikut beberapa poin yang harus ada dalam sebuah proposal.

  1. Latar belakang

Berisi tentang alasan kenapa kegiatan harus diadakan. Pada bagian latar belakang hendaknya juga dijelaskan tentang kondisi objektif dari tujuan dilaksanakannya kegiatan ini.

  1. Dasar kegiatan

Pada bagian ini berisi tentang dasar kegiatan tersebut dilaksanakan. Jangan sampai kegiatan tersebut illegal karena tidak mempunyai dasar yang jelas. Umumnya, dasar kegiatan merujuk pada AD/ART atau melalui keputusan rapat anggota.

  1. Nama kegiatan

Hal ini penting untuk dicantumkan. Dalam sebuah organisasi biasanya tidak hanya satu kegiatan yang dilakukan. Untuk membedakan tiap kegiatan, maka penamaan sebuah kegiatan menjadi hal mutlak yang harus dilakukan.

  1. Bentuk kegiatan

Setiap kegiatan mempunyai berbagai bentuk. Misalnya kegiatan yang akan dilaksanakan berbentuk diskusi, lapangan, atau hanya sebatas workshop.

  1. Waktu kegiatan

Merupakan bagian penting dalam membuat suatu proposal. Waktu kegiatan berisi tentang informasi kapan dan dimana kegiatan akan dilaksanakan.

  1. Target kegiatan

Bagian ini menjadi penting karena merupakan sebuah tolak ukur dalam suatu kegiatan. Beberapa pemberi dana sering kali menanyakan hal ini karena akan berimbas pada hasil kegiatan tersebut.

  1. Susunan kepanitiaan

Panitia merupakan pembuat kegiatan tersebut. Pencantuman kepanitiaan merupakan hal yang wajib karena sebagai penanggung-jawab kegiatan tersebut.

  1. Susunan acara

Dalam istilah organisasi biasanya disebut rundown. Susunan acara akan menjelaskan bagaimana rencana kegiatan akan dilaksanakan. Susunan acara hendaknya juga disertai dengan estimasi waktu pelaksanaan.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Rencana anggaran

Kegiatan tidak akan berjalan tanpa adanya anggaran. Membuat rencana yang baik harus disertai dengan rencana pemasukan dan rencana pengeluaran kegiatan. Rencana anggaran harus dibuat sedetail mungkin.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *