Cara Menurunkan Frekuensi Sesak Nafas

Asma atau gangguan pernafasan bukan jenis penyakit yang main-main. Sekalipun bisa dikatakan sangat sakit disembuhkan, tetapi kondisi semacam ini masih bisa dikontrol. Karena ada satu upaya yang efektif dalam meredam kekambuhan yakni dengan menjalani senam asma secara disiplin dan rutin.

c 48

Senam asma sangat dibutuhkan penderita sesak nafas

Senam asma memang sangat dibutuhkan oleh para pengidap sesak nafas. Dimana salah satu tujuannya yaitu untuk melatih teknik bernafas yang benar. Bukan hanya itu saja, tetapi senam asma juga berfungsi untuk memperkuat dan melenturkan otot-otot sistem pernafasan. Termasuk membantu melancarkan sirkulasi darah.

Meskipun begitu, senam yang dikhususkan bagi pengidap sesak nafas ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin melakukan aktivitas ini.

Misalnya saja seperti senam ini tidak boleh dijalani oleh Anda yang berada dalam kondisi batuk dan sesak. Bukan hanya itu, tetapi saat stamina Anda sedang menurun seperti mengalami flu ataupun kurang tidur juga dilarang melakukannya.

Panduan dan anjuran waktu senam asma

Sebagian pengidap sesak nafas tidak tahan terhadap cuaca dingin malam. Kondisi ini memicu serangan sesak nafas yang ditandai dengan batuk hebat serta suara nafas berat.

Untuk menanganinya, tentu saja harus ada pengurangan frekuensi sesak nafas melalui upaya pencegahan berupa senam asma secara rutin 3 hingga 4 kali seminggu (30 menit per sesi).

Baca Artikel Lainnya :

Adapun panduan senam asma yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Dimulai dengan kegiatan pemanasan yaitu menarik dan menghembuskan nafas secara teratur. Untuk pengeluaran nafas harus lebih lama dari dua hitungan. Relaksasi diafragma yang terjadi di dalam latihan pernafasan ini akan membantu mengatur pernafasan saat terasa akan terserang asma. Otot-otot juga menjadi santai dan nafas jauh lebih ringan.
  2. Gerakan aerobik yang mengajak penderita bergerak lebih energik. Latihan ini akan menghasilkan pembakaran dan meningkatkan hembusan nafas. Tetapi harus tetap disesuaikan usia dan kondisi peserta.
  3. Pendinginan yang dilakukan untuk mengembalikan otot pada keadaan semua. Cukup dilakukan dengan menggerakan tangan dan menarik nafas secara perlahan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *