Cara Menyampaikan Kritik dalam Diskusi

Diskusi sebagai wadah atau tempat bagi setiap orang peserta diskusi untuk berbicara mengungkapkan setiap pemikiran baik itu berupa pernyataan, tanggapan, maupun kritikan.

Namun dalam sebuah diskusi, tidak hanya isi dari pemikirannya yang dianggap penting, melainkan cara penyampaian pun perlu diperhatikan.

p 86

Terutama konten yang disampaikan berupa kritikan maka cara penyampaian harus dilakukan dengan sebaik mungkin atau dengan sopan dan santun agar tidak menimbulkan hal negative.

Kritik dalam sebuah diskusi merupakan suatu tanggapan seseorang terhadap ketidaksetujuan atau anggapan bahwa pernyataan atau gagasan orang lain dirasa kurang baik atau benar. Maka dari itu, muncullah sebuah kritikan dalam sebuah diskusi.

Agar kritikan bisa diterima dengan baik oleh peserta diskusi lainnya serta tidak akan menyinggung perasaan peserta diskusi, dengan begitu ada baiknya mengetahui cara-cara yang baik dan benar dalam menyampaikan sebuah kritikan. Berikut beberapa cara menyampaikan kritik dalam diskusi.

  • Gunakan Bahasa yang Baik

Dalam menyampaikan kritikan pada sebuah diskusi, hal penting yang perlu diperhatikan yakni penggunaan bahasa. Gunakan bahasa yang baik, yang dinilai sopan dan santun dengan tidak menggunakan nada tinggi.

  • Gunakan Kalimat yang Benar

Selain menggunakan bahasa yang baik, cara berikutnya untuk menyampaikan kritik yaitu dengan memilih kata yang baik dan menggunakannya saat menyampaikan kritikan tersebut sehingga tidak menimbulkan kesan menjatuhkan atau menyudutkan seseorang dengan kritikan yang disampaikan.

  • Hindari Menggunakan Kata Kasar

Kritikan identik ditujukan untuk hal yang kurang baik, namun bukan berarti semua orang boleh menyampaikan kritikan seenaknya misalnya dengan menggunakan kata kasar.

Bukannya akan diterima, penerima kritik justru akan merasa tersinggung dan tidak nyaman bahkan marah dengan kritikan yang menggunakan kata kasar. Jadi hindari menggunakan kata kasar meski terkadang hal tersebut dianggap tidak disadari dan keluar begitu saja.

  • Sampaikan dengan Senyuman

Menyampaikan kritikan dengan senyuman bisa menjadi solusi agar kritikan dapat diterima dengan baik. Hal ini juga dinilai dapat menciptakan suasana yang nyaman.

Baca Artikel Lainnya :

  • Berikan Solusi

Dalam menyampaikan kritikan tidak serta merta hanya mengungkapkan kesalahan atau ketidaksetujuan. Ada baiknya setelah kritikan disampaikan tentunya dengan cara-cara baik seperti diatas, berikanlah solusi sebagai nilai tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *