Cara Menyediakan Kebutuhan Bahan Baku Industri

Cara Menyediakan Kebutuhan Bahan Baku Industri – Sulitnya mencari pekerjaan sekarang ini, mulai menjadi salah satu permasalahan yang terjadi di Indonesia.

Bertambahnya jumlah penduduk tidak seimbang dengan banyaknya jumlah lapangan pekerjaan yang dibutuhkan.

5

Hal ini mendorong beberapa rumah tangga untuk mulai membangun sendiri industri-industri kecil di lingkungannya.

Misalnya industri pangan, tekstil, perabotan rumah tangga dan sebagainya. Akan tetapi bertambahnya jumlah industri rumah tangga ini tidak sebanding dengan ketersediaan bahan bakunya, sehingga tantangan berikutnya adalah bagaimana menyediakan kebutuhan bahan baku industri untuk mengembangkan usaha produksinya.

Permintaan akan bahan baku industri terus mengalami peningkatan, di sisi lain ketersediaannya juga masih terbatas.

Oleh karena itu, harga bahan baku industri pun ikut mengalami peningkatan. Hal ini tentu menyulitkan industri-industri kecil (rumah tangga) untuk memenuhi kebutuhannya.

Bagi industri-industri besar memang tidak menjadi masalah, karena dengan modal yang besar mereka sudah mulai bisa untuk memproduksi bahan-bahan baku sendiri dalam jumlah banyak.

Akan tetapi, bagi industri rumah tangga dengan modal yang minim sulit untuk menyediakan kebutuhan bahan baku industri secara mandiri.

Melihat permasalahan ini, pemerintah telah berupaya untuk membantu menyediakan kebutuhan bahan baku industri bagi industri-industri rumah tangga yang mengalami kesulitan.

Misalnya dengan mendorong dan menggerakan koperasi-koperasi industri untuk membantu pengadaan bahan-bahan baku yang dibutuhkan. Selain itu, bahan baku industri yang dapat dimanfaatkan juga tersedia di alam bebas.

Akan tetapi, pengawasan terhadap penggunaannya juga perlu dilakukan agar tidak terjadi kelangkaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa kebijakan impor untuk bahan baku industri juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku dalam negeri.

Peran serta industri-industri besar dalam upaya pengembangan industri rumah tangga juga ikut berperan penting.

Tidak menjadikan keuntungan bisa memproduksi bahan baku sendiri sebagai peluang untuk bersaing dengan industrii rumah tangga untuk memproduksi peralatan rumah tangga yang jadi/siap pakai cukup mendukung dan membantu industri rumah tangga tersebut tetap berkembang.

Baca Artikel Lainnya :

Peran industri besar dalam menyediakan kebutuhan bahan baku industri bagi industri rumah tangga merupakan pilihan bijak, dan ikut menjaga keseimbangan persaingan industri dalam negeri.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *