Cara Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat Basi

Memasak untuk keluarga atau teman dekat memang sangat menyenangkan. Apalagi jika keluarga memang benar – benar menggemari hasil masakan kita. Pasti semangat memasak akan semakin menggebu – gebu.

Apalagi ketika ada acara yang diselenggarakan di rumah kita dengan mengundang beberapa orang kerabat, makanan akan menjadi prioritas utama.

Untitled

Sebagai tuan rumah kita akan memastikan betul bahwa tamu yang datang tidak akan kekurangan makanan. Ketika acara selesai, ternyata makanan yang disajikan tersisa cukup banyak walalupun sudah dibagikan ke keluarga.

Kendala yang sering ditemui saat menyimpan makanan adalah makanan tersebut ternyata basi lebih cepat dari yang kita perkirakan.

Hal ini menyebabkan makanan yang belum sempat termakan itumenjadi mubazir dan biasanya terbuang dalam jumlah yang cukup banyak.

Untuk menghindari kejadian seperti itu lagi di masa mendatang, berikut adalah tips bagaimana cara menyimpan makanan agar tidak cepat basi :

  1. Panaskan makanan yang akan kita simpan

Untuk makanan yang mengandung kuah, proses memanaskannya harus sampai kuahnya mendidih.

  1. Simpan makanan yang sudah dipanaskan di wadah yang baru, bukan wadah sebelumnya
  2. Sesudah dipanaskan, biarkan makanan tersebut dingin baru kemudian di tutup dan disimpan di lemari es.
  3. Untuk makanan sejenis sambal goreng atau sambal, sebaiknya dipanaskan dengan cara ditambahkan air dan sedikit bumbu untuk menyeimbangkan kadar air yang baru dipanaskan selama dipanaskan, diamkan hingga dingin, baru kemudian dimasukkan ke dalam lemari es.
  4. Simpan makanan yang telah dipanaskan dalam wadah yang kedap udara
  5. Jangan menyimpan makanan di suhu ruangan biasa, simpanlah maknanan di dalam lemari es. Karena suhunya yang dingin yang dapat membantu proses pengawetan makanan sehingga tidak mudah basi.
  6. Jangan mengambil makanan dengan menggunakan tangan, karena kita tidak tahu persis kondisi tangan kita apakah steril atau tidak kebersihanya.
  7. Point terakhir namun yang paling inti dari semua tips di atas adalah: masaklah makanan sehari – hari dalam jumlah secukupnya, tidak terlalu banyak  namun cukup untuk dimakan sekeluarga. Ini untuk menghindari terbuangnya makanan yang tersisa dan juga sebagai wujud efisiensi uang belanja rumah tangga.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *