Cara Merawat Dan Budidaya Tanaman Bunga Azalea

Cara Merawat Dan Budidaya Tanaman Bunga Azalea – Bunga azalea merupakan salah satu jenis bunga yang cantik. Saking cantiknya bunga ini, banyak orang yang menanamnya di perkarangan rumah untuk dijadikan aksen penghias rumah. Selain itu bunga azalea juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat karangan bunga.

Untitled

Jika dilihat dari tampilan fisiknya, bunga ini hampir mirip dengan bunga bougenville. Namun bunga ini terlihat lebih segar dibanding bunga bougenville. Warnanya juga lebih mencolok. Secara umumnya bunga azalea memiliki warna merah cerah atau merah muda.

Tanaman ini sangat cocok ditanam di pekarangan yang sempit karena memiliki bentuk pohon yang pendek. Media pot juga cocok digunakan untuk menanam bunga azalea. Tak hanya indah saja, bunga azalea juga memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan manusia.

Ya, bunga jenis ini memiliki kemampuan menyerap polutan udara yang mencemari lingkungan dan dapat mengganggu kesehatan pernafasan manusia. Jadi tanaman ini sangat baik ditanam di depan rumah untuk mensterilkan udara dari asap-asap kendaraan bermotor yang berlalu-lalang di jalanan depan rumah.

Oleh sebab itulah banyak orang yang ingin mencoba membudidayakan jenis tanaman yang satu ini. Sebenarnya untuk membudidayakan bunga azalea sangat mudah. Namun sebelumnya anda harus tahu terlabih dahulu bagaimana karakteristik tanaman ini dan bagaimana proses budidayanya. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Pembibitan

Bunga azalea merupakan jenis tanaman semak. Oleh sebab itu model pembibitannya bisa dilakukan dengan cara setek batang. Cara medapatkan bibit bunga ini terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan indukan bunga yang memiliki kualitas bagus, sehat, dan terhindar dari serangan hama.

Potong batang yang dirasa sudah berumur dan memiliki kualitas bagus menggunakan pisau yang tajam. Potong dengan pola miring. Ingat, potong miring dan gunakan pisau yang tajam karena akan mempengaruhi hasil dan kualitasnya. Setelah batang terpotong bisa langsung ditancapkan ke media tanam yang telah dipersiapkan.

  1. Penanaman

Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa media tanam diperlukan untuk menanam bibit pasca dipotong dari indukannya. Media tanam bisa dibuat dari campuran tanam dan pupuk organik (kompos atau pupuk kandang). Campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1 dibanding 1.

Setalah media tanam siap, bibit bisa langsung ditanam dengan kedalaman 5 sampai dengan 10 cm. Setelah bibit masuk beri sedikit tekanan ke tanah agar bibit tertancap sempurna dan dapat berdiri kokoh. Jangan lupa beri air secukupnya.

  1. Perawatan

Sama saepert tanaman lain, bunga azalea juga memerlukan asupan air yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik. Selain itu juga berikan pupuk secara berkala antara 1,5 sampai 2 bulan sekali agar nutrisi tanaman tercukupi. Lakukan penyiangan terhadap tanaman jika diperlukan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *