Cara Merawat dan Memelihara Ikan Hias

Cara Merawat dan Memelihara Ikan Hias – Memiliki hewan peliharaan di rumah tentu sangatlah mengasyikkan. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang dan mengusir kebosanan di rumah ketika anda sedang sendirian. Apabila anda hobi memelihara hewan, tidak ada salahnya anda mencoba untuk memelihara ikan hias sebagai salah satu hewan peliharaan di rumah.

Untitled

Ikan hias bisa menjadi salah satu hewan piaraan yang menyenangkan sekaligus mempercantik ruangan rumah anda. Dengan merawat dan memeliharanya dengan cara yang tepat, tentu saja hobi anda dalam memelihara hewan bisa terlaksana.

Perhatikan kapasitas akuarium

Sama seperti makhluk hidup lainnya, ikan hias juga membutuhkan kenyamanan yang harus selalu diperhatikan oleh setiap pemiliknya. Dengan menjaga kenyamanan hidup ikan hias, maka pemeliharaannya akan berjalan dengan baik dan terhindar dari berbagai masalah.

Dalam hal ini, anda perlu menyesuaikan kepadatan dan kapasitas akuarium ikan hias yang digunakan. Apabila kapasitasnya tepat dan sesuai dengan volume air dan jumlah ikan yang anda simpan di dalamnya, maka ikan hias dapat bertahan hidup lebih lama karena tidak mudah terkena penyakit berkat pemeliharannya yang dilakukan dengan baik dan maksimal.

Berikan pakan yang tepat

Sama seperti hewan piaraan lainnya, ikan hias juga membutuhkan pakan yang tepat. Apabila pemberian pakan dilakukan dengan tepat, tentu saja ikan hias yang anda pelihara akan hidup dengan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa mengganggu kesehatannya. Berikut ini kriteria pemberian pakan yang tepat untuk ikan hias piaraan anda, antara lain:

  • Tepat ukuran dan jumlah, kapasitas bentuk dan porsi makanan yang anda berikan harus sesuai dengan kebutuhan ikan, jangan sampai berlebihan karena pakan yang tidak dimakan akan mengendap dan membusuk dalam tempat tinggalnya.
  • Tepat waktu, pemberian pakan seharusnya dilakukan rutin dan berkala sesuai waktu yang benar.
  • Tepat mutu, nilai gizi dalam pakan yang anda berikan perlu diperhatikan supaya kebutuhan hidup ikan hias kesayangan anda tetap terpenuhi dengan maksimal.

Perhatikan sanitasi wadah dan peralatan

Kebersihan dari akuarium atau wadah yang anda gunakan untuk memelihara ikan hias wajib diperhatikan dengan seksama. Pastikanlah wadah dan peralatan yang anda gunakan senantiasa bersih dan terawat supaya ikan hias dapat hidup nyaman dan betah tinggal di dalam akuarium yang tersedia. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan sanitasi air dengan menggantinya secara rutin.

Itulah cara perawatan ikan hias dan pemeliharannya yang perlu anda lakukan jika berminat untuk memelihara ikan hias di rumah. Dengan merawat dan memperhatikannya dengan baik, maka ikan hias akan hidup lebih lama dan menjadi hewan piaraan setia yang ada di rumah. bentuk dan warna-warnanya yang cantik bisa menghidupkan suasana rumah yang lebih ceria. Itulah sebabnya sebagian kalangan hobi mengoleksi dan memelihara ikan hias di rumahnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Cara Merawat dan Memelihara Ikan Hias

  1. Pingback: Teknik dan Metode Terbaik Budaya Ikan Hias Cupang | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *