Cara Merawat Rambut Agar Mudah Panjang Dan Indah

Rambut sehat dan indah merupakan lambang kecantikan bagi kaum wanita. Karena dari rambut mereka yang terlihat rapi, terawat dan sehat, akan membuat aura seorang wanita terpancar dan penampilan pun akan semakin cantik dan menarik.

i 39

Namun tak jarang ada banyak masalah rambut yang mengganggu kenyamanan wanita sebagai akibat adanya proses perawatan rambut secara kimiawi yang berakibat rambut bercabang, berketombe, kering, dan rontok.

Sehingga untuk memperoleh rambut yang panjang dan indah, ada beberapa cara merawat rambut yang bisa anda lakukan di salon kecantikan, ataupun di rumah saja dengan memanfaatkan bahan – bahan alami yang terjamin keamanan dan kebersihannya.

Bagi anda yang hobi mengganti model atau gaya rambut, pastilah anda akrab dengan proses pewarnaan, pelurusan atau catok, pemakaian hair spray untuk mempertahankan style rambut, bahkan hingga pemasangan hair extension untuk menambah panjang rambut secara instan.

Jika terlalu sering dilakukan, ada kalanya rambut berada dalam kondisi buruk, yaitu mengalami kelelahan untuk menerima perawatan secara kimiawi terebut. Maka dari itu, carilah waktu luang untuk mengistirahatkan rambut anda dari semua rutinitas styling rambut.

Ada beberapa langkah praktis yang perlu anda ingat sehingga tidak perlu membuat anda merasa khawatir jika mengetahui rambut anda susah diatur, kusam, kering dan gejala buruk lainnya, baca ulasan singkat dari kami tersebut di bawah ini :

1. Anda harus rajin mengkonsumsi makanan sehat dengan tingkat protein yang tinggi.

Konsumsilah telur, susu, dan aneka makanan olahan dari daging, karena diketahui makanan jenis ini kaya akan kandungan zat biotin yang bermanfaat bagus buat menjaga kekuatan rambut dan memberi rangsangan agar rambut tumbuh lebih cepat.

Yang kedua adalah wajib menggunakan kondisioner pada batang hingga ke ujung rambut setelah keramas.

Lanjutkan dengan pemakaian minyak zaitun atau madu alami yang kaya akan kandungan vitamin E, kalsium, dan magnesium, dimana zat – zat tersebut berguna untuk memanjangkan rambut (pada seorang wanita) sekaligus menjaga kesehatannya sehingga rambut tetap terlihat indah alami.

2. Selain itu, rajinlah untuk melakukan pijat kulit kepala dengan lembut (creambath) bisa anda lakukan di salon atau di rumah saja.

Pemijatan secara rutin setiap minggu bermanfaat untuk melancarkan peredaran sel – sel darah, sehingga membuat berbagai zat yang anda butuhkan buat untuk perawatan rambut mudah diterima dan meresap ke dalam pori – pori kulit kepala, sehingga pertumbuhan rambut akan mudah terangsang menjadi lebih cepat.

3. Hindarilah terlalu sering melakukan proses pemanasan rambut dengan berbagai alat kecantikan elektronik, dan jangan terlalu sering keramas apalagi setiap hari karena hanya akan membuat kelembaban alami pada rambut akan mudah menghilangkan sehingga nantinya akan menyebabkan kerontokan dan justru memperparah kondisi rambut anda yang terlanjur rusak sehingga susah menjadi panjang, kering, kusam dan lebat. Keramaslah maksimal dua kali dalam seminggu.

4). Hindari pikiran mengalami stress dan lakukan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga pada waktu pagi atau sore hari minimal sekali seminggu.

5). Fokuskan pada cara merawat rambut agar tidak mudah rontok.

Lebih baik anda merawat rambut dengan cara alami saja yang sifatnya lebih aman dan sehat untuk menjaga keindahan rambut. Gunakan lendir dari aloevera atau lidah buaya untuk memijat bagian kulit kepala.

Biarkan meresap ke pori – pori kulit selama 15 menit lalu bilaslah dengan memakai air bersih yang mengalir. Kandungan vitamin alami dalam lendir lidah buaya ampuh buat memulihkan kekuatan akar dan batang rambut sehingga menghindarkan anda dari kerontokan.

Cara lain adalah menggunakan aneka minyak alami seperti minyak zaitun dan minyak kelapa yang dipanaskan. Dalam kondisi hangat – hangat kuku, pijatlah bagian kulit kepala dengan minyak alami ini, tutup dengan memakai handuk basah hangat atau shower cap, lalu biarkan istirahat selama kurang lebih satu jam.

Proses pemanasan minyak ini berguna untuk mengaktifkan kandungan vitamin di dalamnya sehingga akan lebih efektif berfungsi dalam menjaga kekuatan rambut anda.

6. Fokus kedua adalah cara merawat rambut bercabang.

Proses pewarnaan dengan bahan kimia terkadang membuat rambut anda menjadi rusak yaitu bercabang, juga mengakibatkan kondisi rambut menjadi kusam dan kering.

Keadaan ini merupakan pertanda buruk bagi penampilan diri anda di depan umum mennjadi sangat tidak nyaman terlebih saat anda mengetahui bahwa tekstur rambut anda cenderung kering akibat banyaknya cabang.

Cara menghindari kondisi buruk ini adalah jangan memakai sisir yang bergigi rapat. Hindari pemakaian alat pemanas untuk rambut terlalu sering, seperti penggunaan hair dryer dan catok rambut. Gosoklah rambut dengan lembut pada saat keramas, atau setelah keramas.

Gunakan kelima jari anda dengan pelan – pelan untuk merapikannya, biarkan kering secara alami, kemudian gunakan sisir dengan kerapatan yang renggang untuk merapikan rambut anda, namun jika kondisi sudah sangat parah, tambahkan dengan memotong ujung rambut yang bercabang setiap satu bulan sekali.

Rambut buruk karena bercabang juga bisa diterapi dengan cara pemakaian kondisioner setelah keramas secara teratur. Kondisioner banyak mengandung zat pelembab yang bagus untuk memperbaiki kondisi rambut yang kering dan kusam kembali indah dan sehat.

Baca Artikel Lainnya :

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa cara merawat rambut agar mudah panjang dan tetap indah selain memperhatikan hal – hal tersebut di atas, juga anda harus sering – sering mengkonsumsi buah segar dan banyaklah minum air mineral, karena kandungan vitamin A, C, dan E di dalamnya bermanfaat untuk menjaga keadaan rambut tetap terkontrol kesehatannya.

Terakhir, lakukan pemotongan rambut setiap 6 bulan sekali untuk menghilangkan ujung rambut yang telah berusia tua, agar terhindar dari masalah rambut bercabang.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *