Cara Meredakan dan Mengobati Nafsu Makan yang Berlebihan

Bagi sebagian orang, sangat sulit rasanya untuk mengontrol nafsu makan berlebih. Sebagai salah satu kegiatan pokok dalam hidup, makan memiliki daya yang sangat kuat. Apalagi ditambah semakin bervariasinya makanan yang ada dari hari kehari.

Keadaan tersebut diperparah dengan hadirnya makanan cepat saji golongan junk  food yang menyimpan risiko kesehatan di balik rasa nikmatnya.

t-92

Untuk menyikapi hal tersebut, pada ulasan kali ini ada beberapa strategi yang dapat Anda tiru untuk mengontrol nafsu makan.

Agen Poker
  • Tambahkan Vinegar dan Kayu Manis untuk Mengontrol Gula Darah; Apakah Anda mencari tambahan rasa pada makanan dan minuman Anda? Lupakan gula. Ada beberapa bahan makanan alami lain yang dapat membuat makanan Anda lebih lezat dan juga sehat. Vinegar dapat menambah lezat salad, saus, dan aneka makanan Anda tanpa mengesampingkan aspek kesehatan karena memiliki indeks glycemic yang rendah. Selain itu, kayu manis juga merupakan bahan makanan yang sehat untuk digunakan sebagai pemanis pada makanan dan minuman Anda.
  • Makanlah Ketika Anda Tidak Lapar; Ketika Anda makan pada kondisi lapar berat, Anda akan makan tidak terkontrol. Ketika hal tersebut terjadi, Anda akan merasa kenyang dalam sekejap, namun kadar insulin tubuh Anda akan naik dan akan menyebabkan Anda merasa lelah dan kemudian merasa lapar kembali. Maka, daripada menunggu hingga lapar datang, lebih baik makan secara teratur ketika Anda tidak merasa atau sedikit lapar.
  • Minum Air, Hindari Minuman Berasa; Seiring dengan kelelahan Anda akan aktivitas harian di luar ruangan, dehidrasi sering disalah artikan sebagai rasa lapar. Lalu, Anda merasa akan lebih nikmat meminum berbagai minuman berasa, seperti soda, jus, ataupun minuman kemasan lainnya. Padahal, air (mineral atau bening) adalah solusi terbaik untuk mengatasi dehidrasi Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan potongan buah, seperti lemon dan stroberi yang akan berfungsi sebagai antioksidan dan perasa pada air sehat Anda.
  • Jangan Makan Terburu-Buru; Mungkin terdengar klise, namun ketika Anda menelan sebuah makanan, akan ada sebuah delay sebelum Anda merasakan kenyang, kurang lebih sekitar 10-30 menit. Karena delay tersebut, kita cenderung mengisinya dengan aneka makanan lain karena menganggap kita belum merasa kenyang. Maka, semakin cepat kita makan, semakin banyak pula pancingan untuk menambah makanan.

 Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa strategi yang dapat Anda tiru untuk meredakan dan mengobati nafsu makan yang berlebihan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *