Cara Mudah Budidaya Bayam (Amaranthus sp.)

Cara Mudah Budidaya Bayam (Amaranthus sp.) – Bayam adalah salah satu sayuran daun yang sering dikonsumsi masyarakat karena bergizi tinggi, dan juga digunakan sebagai obat tradisional serta untuk kecantikan. Klasifikasi tanaman bayam adalah kerajaan: plantae, divisi: magnoliophyta, kelas: magnoliopsida, ordo: caryophyllales, famili: Amaranthaceae, genus:Amaranthus, spesies : Amaranthus sp.

bym1

Syarat tumbuhbayam adalah bayam cocok ditanam di dataran tinggi yaitu pada ketinggian ±2000 m dpl. Curah hujannya dapat mencapai lebih dari 1.500 mm per tahun. Bayam memerlukan cahaya matahari penuh. Suhu udara yang cocok untuk tanaman bayam sekitar 16 0C – 20 0C. Sedangkan kelembaban udara yang sesuai adalah sekitar 40 – 60% dan pH tanahnya adalah 6 – 7.

Teknis budidaya bayam adalah

1). Persiapan lahan

Pengolahan tanah dilakukan dengan cara di cangkul dan membuat bedengan yang berukuran 1 x 5 m. Kemudian diberikan pupuk kandang sebagai pupuk dasar yang dicampur dengan tanah secara merata.

2). Penanaman

Penanaman dilakukan dengan cara menabur benih dengan mencampurkannya dengan abu dengan perbandingan 1 bagian benih : 10 bagian abu secara merata dengan jarak antar baris sekitar 20 cm. Kemudian benih yang sudah ditabur ditutup dengan tanah tipis dan disiram.

3).Pemeliharaan

Pemeliharaan pada bayam yang dilakukan adalah penyiangan, penggemburan, penyiraman, penjarangan, pemupukan serta pengendalian hama dan penyakit.

  • Penyiangan dan penggemburan tanah pada bayam dilakukan pada saat bayam berumur 2 minggu setelah tanam yang dilakukan 2 minngu sekali. Sedangkan penyiraman dilakukan setiap hari agar bayam bisa tumbuh dengan baik.
  • Penjarangan dilakukan pada saat bayam berumur 20 hari.
  • Pemupukan dilakukan pada saat bayam berumur 3 minggu setelah tanam dengan dosis pupuk urea 56 kg/ha/musim dan 90 kg/ha/musim.
  • Pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan cara penyemprotan dan penyiangan gulma. Hama penyakit yang sering menyerang bayam adalah spinach blight, penyakit noda daun, dan downy mildew.

4). Panen dan pasca panen

Bayam dipanen pada saat berumur 3 minggu setelah tanam dengan cara dicabut. Kemudianbayam yang telah dipanen dibersihkan dan di ikat kemudian bayam siap dipasarkan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *