Cara Mudah Budidaya Jeruk Manis

Cara Mudah Budidaya Jeruk Manis – Jeruk manis merupakan salah satu jenis buah yang disukai banyak orang. Walaupun jeruk yang satu ini termasuk jeruk lokal, namun rasanya tidak perlu diragukan dan dapat disandingkan dengan berbagai jenis buah jeruk import yang ada di pasaran. Buah jeruk manis atau disebut dengan jeruk Pacitan atau jeruk baby ini memiliki rasa yang manis dan segar sehingga tidak heran jika masyarakat Indonesia sangat menggemarinya. Oleh sebab itu, manisnya jeruk ini bisa menjadi salah satu ladang bisnis yang menjanjikan bagi anda.

a

Melirik bisnis budidaya jeruk manis

Bagi anda yang menggemari kegiatan cocok tanam, melakukan budidaya jeruk manis sekaligus berbisnis merupakan hal yang sangat menyenangkan dan menjadi salah satu alternative penyalur hobi yang menguntungkan. Peminatnya yang banyak dan daya jual yang menjanjikan membuat budidaya jeruk manis patut dijadikan sebagai bisnis andalan mulai sekarang. Selain karena memiliki prospek dan potensi usaha yang bagus, budidaya jeruk manis juga mudah dilakukan dan pohonnya bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan. Pertumbuhannya yang relatif cepat membuat masa produksi dan panen dapat menghasilkan banyak keuntungan yang berlipat ganda.

Pemilihan lahan dan benih budidaya jeruk manis

Lokasi yang bisa dipakai untuk dijadikan sebagai lahan budidaya jeruk manis adalah di dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut. Lahan yang cocok untuk membudidaya jeruk manis yaitu lahan yang terbuka karena pohon jeruk manis memerlukan sinar matahari yang banyak supaya tumbuh dengan maksimal. Sementara itu, tanah yang tepat untuk membudidaya jeruk manis adalah tanah yang bertekstur lempung dan berpasir. Dengan memilih lahan dan benih yang tepat, otomatis peluang usaha budidaya jeruk manis anda bisa berkembang pesat.

Pembenihan dan penanaman jeruk manis

Penanaman bibit jeruk manis yang berkualitas diperoleh dari cara pembibitan yang produksinya diperoleh dengan standar sertifikasi benih dan juga pengawasan kualitas yang terbaik. Supaya benih yang anda peroleh lebih maksimal, pilihlah bibit yang bebas penyakit sehingga proses pertumbuhan jeruk dapat berbuah manis. Selain itu, pastikanlah penanaman jeruk manis dilakukan dengan teknik yang benar, lokasi sekitar pohon bebas tanaman liar dan selalu dibersihkan dengan rutin sehingga pertumbuhannya berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa gambaran mengenai budidaya jeruk manis yang bisa anda lakukan saat ini. Jangan lupa untuk merawat tanaman dengan baik, mengairi lahan secara teratur, menambah unsur hara dan melakukan pengecekan rutin supaya seluruh aktivitas budidaya menghasilkan keuntungan yang semaksimal mungkin. Apabila jeruk manis siap dipanen yaitu sekitar 8 bulan sejak masa pertumbuhan bunga, maka panenlah dengan memotong tangkai buahnya supaya pertumbuhan pohon berjalan baik untuk ke depannya. Dengan menjalankan semua tahap budidaya secara maksimal, maka prospek bisnis yang akan jalankan dapat berkembang dengan cepat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *