Cara Mudah Budidaya Rumput Laut yang Menghasilkan

Cara Mudah Budidaya Rumput Laut yang Menghasilkan – Seperti yang kita tahu, rumput laut adalah salah satu jenis kekayaan laut yang dapat dikembangkan sebagai komoditi yang berharga. Bahkan rumput laut juga memiliki nilai jual yang tinggi sehingga patut dilirik sebagai salah satu hasil laut yang penuh potensi bisnis. Maka dari itu, cara budidaya rumput laut berikut cara pengolahannya harus anda ketahui sehingga komoditi tersebut mengalami kemajuan yang penuh potensi. Keterampilan dan keahlian perlu anda miliki supaya hasil budidaya yang diperoleh terasa menguntungkan dan menjadi bisnis dengan prospek yang tinggi.

a

Mengenal budidaya rumput laut

Rumput laut merupakan hasil laut yang sangat potensial dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan terutama dalam bidang kuliner seperti pembuatan agar-agar dan lainnya. Rumput laut yang dibudidayakan untuk membuat agar berasal dari jenis Gracilaria sp. Jenis rumput laut tersebut termasuk dalam kelas alga merah atau istilah ilmiahnya adalah Rhodophyta. Beberapa masyarakat di Indonesia telah berhasil membudidayakannya dengan maksimal. Bahkan sebagian kalangan juga telah mengolah rumput laut ini menjadi berbagai macam jenis penganan yang nikmat dan penuh nutrisi.

Memilih lahan budidaya rumput laut

Memilih lahan yang tepat adalah salah satu kunci kesuksesan budidaya rumput laut yang anda jalankan. Dengan lokasi yang tepat sesuai sifat dan kebutuhan hidup rumput laut, otomatis budidaya bisa berjalan dengan baik. Kualitas dan kuantitas hasil budidaya yang anda jalani sangat ditentukan oleh lahan yang anda pilih. Berikut ini beberapa criteria lahan budidaya rumput laut yang bisa diandalkan, yaitu:

  • Konsentrasi garam laut berkisar antara 12o/oo-30o/oo.
  • Berada di kedalaman air laut yang pas.
  • Secara alami hidup melekat di pasir, karang atau substrat lainnya.

Perkembangbiakan dan teknik budidaya rumput laut

Mengenali dan mempelajari teknik perkembangbiakan rumput laut sangatlah penting agar proses budidaya berlangsung dengan maksimal. Diantaranya ada dua cara perkembangbiakan rumput laut yang harus dipelajari, yaitu cara kawin dan tidak kawin.

Dengan teknik tidak kawin, contoh perkembangbiakan yang dapat dilakukan yaitu dengan system vegetasi, konjungasi, penyetekan atau peleburan dinding sel dan penyebaran spora. Sementara itu, perkembangbiakan kawin dilakukan dengan mengawinkan antar gamet rumput laut tersebut.

Apabila teknik yang anda lakukan diterapkan dengan tepat dan maksimal, otomatis hasil budidaya yang diperoleh akan terasa memuaskan. Jangan lupa untuk merawat tambak atau lahan budidaya secara maksimal sehingga proses pertumbuhan rumput laut dapat berjalan dengan cepat. Kualitas terbaik dan kuantitas hasil yang diperoleh akan menghasilkan potensi usaha yang jauh lebih menguntungkan.

Hal tersebut akan semakin terasa menguntungkan jika pengelolaan budidaya rumput laut disertai dengan kemampuan untuk mengolah hasil rumput laut yang anda produksi menjadi berbagai macam hal yang bermanfaat dan juga memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *