Cara Mudah Budidaya Tanaman Duku

Cara Mudah Budidaya Tanaman Duku – Duku merupakan jenis buah asli dari indonesia. di indonesia sendiri tanamanam duku berkembang baik hampir diseluruh daerah hal ini karena buah duku budah untuk tumbuh disemua tempat. Terdapat 3 jenih duku yang paling banyak dikembangkan dan dibudidayakan oleh masyarakat indonesia yaitu duku condet, duku komering dan juga duku metasih.

1

Duku dikenal memiliki rasa yang manis dan juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa  untuk mengobati beberpa penyakit, seperti diare, disentri dan juga bisa digunakan sebagai pengobatan rumah tangga.

Budidaya Tanaman Duku

1. Pembibitan Duku

Pembibitan tanaman duku perlu dilakuakn karena menentukan hasil produksi buah duku itu sendiri, jika baik dalam proses pembibitan makan akan baik pula produksi buah duku yang akan dihasilkan. perbanyakan tanaman duku dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan generatif (melalui biji) dan juga vegetatif (melalui stek atau cangkok). Dengan perkembangan zaman saat ini lebih banyak menggunakan cara generatif karena hasilnya akan selalu sama dengan indukannya.

2. Penanaman Duku

Para petani duku biasanya menggunakan beberapa variasi jarak tanam yaitu 7×8 m, 8×9 m, 9×9 m, dan 9×10 m. Usahakan jangan terlalu sempit jarak tanam yang digunakan karena natinya akan menyulitkan dan mengganggu pertumbuhan tanaman duku itu sendiri.

Langkah selanjutnya setelah pengukuran jarak tanam adalah membuat lubang tanam. Ukuran lubang tnam yang baik adalah adalah 0.8 x 0.8 x 0.7 meter. Apabila duku yang ditanam berasal dari biji, maka lubang tanam usahakan dibuat lebih dalam. Namun apabila duku berasal dari cangkok atau stek, maka lubang dibuat lebih lebar dan luas, hal ini dilakukan agar perkembangan akar tidak terganggu. Penanaman bibit ini sebaiknya dilakukan pada tanah yag basah. apabila tanah kering usahakan untuk menyiramnya terlebih dahulu.

3. Pemeliharaan 

Penyiangan Tanaman Duku

Penyiangan bertujuan untuk membersihkan lokasi penanaman dari gulma seperti rumputdan herba kecil yang bisa saja mengganggu tanaman duku. penyiangan ini juga dapat memutus rantai hama dan penyakit tanaman duku. penyiangan dapat dilakuakn ddengan manul yaitu dengan tangan dan juga bisa menggunakan cara mekanis yaitu dengan menggunkaan alat-alat pertanian.

Pemupukan 

Pemupukan pada tanaman Duku sangat penting untuk dilakukan hal ini untuk meningkatkan kecukupan hara di dalam tanah, Berikut Perkiraan dosis dalam pemupukan tanaman duku :

  • Pada Tahun keduadan dan ketiga tnnamn duku diberikan 15-30 kg pupuk organik, urea 100 gram, TSP 50 gram & ZK 20 gram
  • Sedangkan pada Tahun keempat, kelima dan juga  keenam, dosis pupuk sebaiknya dinaikkan menjadi 25-40 kg pupuk organik, urea 150 gram, TSP 60 gram & juga pupuk ZK sebanyak 40 gram.
  • Untuk tahun berikutnya nikan kembali pupuk yang telah disebutkan diatas agar produksi terus dapat meningkat.

Catatan :  Anda bisa melakukan variasi pupuk sendiri dengan dosis tersendiri.

Pengairan dan  Penyiraman

Tanaman duku tidak memerlukan air yang berlebihan, hanya saja memerlukan air pada musim kemarau. Jadi peyiraman dapat dilakukan secukupnya saja.

4. Panen Duku

Tanaman Duku mulai berbunga sekitar bulan setember dan oktober, kemudian masuk dalam masa panen pada bulan februari dan maret. Cara panen buah duku sangat mudah yaitu dengan cara memotog tandan dengan menggunakan alat yag tajam seperti pisau atau arit atau bisa juga menggunakan gunting, namun harus hati-hati dalam proses pemanenan ini jangan sampai melukai bagian tandan yang menempel karena tempat tersebu akan menjadi bakal tandan selanjutnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *