Cara Mudah Dalam Budidaya Kacang Panjang

Cara Mudah Dalam Budidaya Kacang Panjang – Yang dimaksud dengan Kacang Panjang / ‘Vigna Sinensis’ adalah salah satu tanaman sayuran termasuk ke dalam anggota Famili Leguminosa yang enak untuk diolah menjadi sayuran teman makan nasi dan bergizi serta bermanfaat untuk mengembalikan kandungan Nitrogen di dalam tanah.

Kacang Panjang adalah tanaman sayuran yang mudah dalam memasarkan karena mengandung nilai ekonomi cukup tinggi dengan cara budidaya yang mudah serta bermanfaat untuk menjaga dan memperbaiki kondisi kesuburan tanah.

Syarat Tumbuh Tanaman Budidaya Kacang Panjang

Budidaya Kacang Panjang mampu tumbuh dengan subur pada dataran rendah ataupun dataran tinggi dengan ketinggian maksimal sekitar 800 m dari permukaan laut.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa syarat terhadap lingkungan dimana anda akan menanam Kacang Panjang adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki suhu optimal untuk perkembangan tanaman kisaran 15 s/d 24o.
  2. Memiliki suhu terendah dimana tanaman Kacang Panjang yang akan anda tanam mampu bertahan yaitu 10o C dan maksimum 35o.
  3. Mempunyai curah hujan sekitar 600 s/d 1500 mm/tahun.
  4. Membutuhkan tanah dalam kondisi gembur dengan dilengkapi ‘drainase’ bagus.
  5. Tanam di alam tanah yang banyak mengandung unsur hara, Kacang Panjang akan mampu tumbuh subur dengan kondisi biji kacang di dalamnya yang bagus, namun kondisi sebaliknya akan terjadi apabila tanah kurang mengandung unsur hara / hara minim.
  6. Rata – rata pH tanah adalah kisaran 5 s/d 6.

Nah apabila anda sudah menguasai tentang syarat tumbuh tanaman budidaya Kacang Panjang seperti yang kami ulas tersebut di atas maka langkah selanjutnya adalah sama dengan anda akan bercocok tanam sayuran yang lainnya. Perhatikan langkah – langkah tersebut di bawah ini:

  1. Melakukan pemilihan bibit yang sempurna dengan hati – hati.
  2. Melakukan persiapan lahan yang memenuhi standar syarat tumbuh kembang terhadap tanaman budidaya Kacang Panjang.
  3. Melakukan proses penanaman disertai dengan siklus perawatan seperti pengairan, penyiangan dan pemupukan.

Pemanenan Tanaman Kacang Panjang

Begitu tanaman rata – rata berumur 45 s/d 50 hari, maka buah Kacang Panjang sudah siap untuk anda panen. Lihat kondisi buah yang berwarna hijau keputihan, cobalah memetik sebiji dengan cara patahkan tangkai menuju ke arah yang berlawanan atau putar – putar buahnya hingga terlepas.

Kesuksesan panen dapat dinilai dalam satu siklus yaitu sekitar 15 s/d 18 kali. Dimana cara budidaya tanaman yang berhasil maka akan mampu mendapatkan sekitar 35 ton Kacang Panjang per hektarnya. Kumpulkan Kacang Panjang dengan satu arah yang rapi lalu ikat dan pasarkan.

Baca Juga :

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang cara mudah dalam budidaya Kacang Panjang, semoga bermanfaat !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *