Cara Mudah dalam Memilih Tas Kamera yang Baik

Memilih tas kamera sama seperti saat seorang fotografer memilih sebuah kamera untuk digunakan; tidak ada ketentuan mutlak dalam memilih sebuah tas kamera. Tas kamera yang baik adalah tas yang sesuai dengan gear yang ditampung dan kondisi lingkungan sekitar.

Ada berbagai pertimbangan yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah tas kamera. Pertama, Anda harus tahu bagaimana Anda akan memotret. Kedua, Anda harus tahu, gear apa yang akan Anda gunakan dalam memotret.

Ketiga, Anda harus memiliki gambaran tentang lingkungan tempat Anda akan memotret. Pemahaman yang cukup akan ketiga aspek tadi akan membawa Anda pada pilihan yang tepat akan sebuah tas kamera.

Di bawah ini disajikan beberapa skenario yang umum terjadi dalam proses pengambilan gambar dengan beberapa alternative tas kamera yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran.

  • Mengambil Gambar Tanpa Mengganti Lensa;

s 34

Situasi seperti merekam pertandingan sepak bola atau perjalanan di kebun binatang biasanya membutuhkan hanya satu lensa zoom. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, digital holster rmerupakan tas kamera yang tepat untuk Anda pilih.

Digital holster diciptakan bagi fotografer aktif yang terbiasa mengambil gambar outdoor namun masih memiliki ruang untuk meletakkan kamera dan beberapa alat penunjang utamanya.

  • Mengambil Gambar dan Menyimpan Beberapa Aksesori Tambahan;

s 35

Jika Anda merasa sebuah tas kamera berjenis digital holster terlalu kecil, tas kamera berjenis mini backpack adalah alternative yang patut untuk dicoba.

Beberapa ruang tambahan pada tas kamera ini memampukan Anda untuk menyimpan dua buah kamera saku, sepasang lensa, telepon genggam, serta alat pokok penunjang kamera seperti charger dan pembersih lensa.

  • Mengambil Gambar Tanpa Membuat Pundak Sakit;

s 36

Terkadang menggendong tas sembari mengambil gambar dapat menimbulkan ketidak nyamanan, terutama akibat beban berat yang harus ditanggung oleh pundak.

Bila Anda ingin pundak dan area sekitar leher Anda terbebas dari beban, Anda bisa mencoba untuk memilih tas kemera berjenis beltpack. Tas kamera ini didesain secara ergonomis untuk menopang kamera di sekitar pinggang Anda layaknya sebuah tas pinggang.

  • Bepergian Jauh Menggunakan Pesawat;

s 37

Agen Poker

Untuk Anda yang membutuhkan kenyamanan dalam menyimpan banyak kamera dan peralatannya ketika akan bepergian jauh, tas kamera jenis Rolling Carry-On merupakan pilihan yang patut diperhitungkan.

Tas kamera jenis ini didesain layaknya koper yang memiliki roda dan akan memudahkan Anda untuk bepergian jarak jauh.

  • Mengambil Gambar di Alam Liar dan Ekstrem;

s 38

Jika Anda hendak mengambil gambar di lingkungan alam liar dan ekstrem seperti pendakian gunung, panjat tebing, dan lain sebagainya, tas kamera yang tahan air dan tahan banting adalah hal mutlak yang harus Anda pilih.

Tas jenis ini dapat melindungi kamera dan perlengakapannya secara optimal dari segala kerusakan minor yang mungkin terjadi. U160 Urban Elite Half Case Camera Pack buatan Pelican merupakan salah satu rekomendasi yang tepat untuk tas kamera jenis ini.

  • Mengambil Gambar dan Merekam Video Secara Bersamaan;

s 39

Jika Anda merencanakan untuk membawa perlengkapan foto dan video dalam satu tas kamera, pastikan Anda memilih tas kamera yang memiliki ruang cukup untuk peralatan Anda.

Salah satu tas kamera yang cocok untuk menampung perlengkapan fotografi dan videografi dalam satu tempat adalah DSLR Video Fastpack AW buatan Lowepro.

Tas kamera ini memiliki berbagai kompartemen yang sangat sesuai untuk menampung peralatan fotografi dan videografi sekaligus, seperti, DSLR, lampu flash, microphone, additional audio gear bahkan laptop berukuran 17 inchi.

  • Menenteng Kamera dengan Trendi dan Berkelas;

s 40

Bagi fotografer kaum hawa yang ingin menenteng kamera dan berbagai peralatannya namun tetapi ingin terlihat trendi, Capri Camera Tote Bag buatan ONA merupakan pilihan terbaik.

Tas tangan ini memadukan fungsi onalitas penyimpanan kamera, lensa, dan laptop yang dipadukan dengan desain kulit yang elegan.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa aspek fungsionalitas yang harus diperhatikan agar dapat memilih tas kamera terbaik sesuai kebutuhan. Intinya, tas kamera yang baik harus nyaman saat digunakan dan dapat menyimpan kamera beserta perlengkapannya secara menyeluruh. Selamat memilih tas kamera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *