Cara Mudah Dalam Mendeteksi Penyakit Alergi Pada Anak Kita

Anak seringkali menderita alergi. Selain faktor genetic, makanan juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, penyebab lainnya pun dapat dikarenakan melalui udara yang dihirup, saluran pencernaan, kontak kulit, suntikan, dan rangsangan fisik.

Dan cara terbaik untuk mengatasi alergi adalah dengan mengetahui penyebabnya. Lalu, bagaimana untuk mendeteksi anak yang terkena alergi?

s 73

Berikut ini beberapa cara mudah mendeteksi alergi pada anak.

  1. Melihat riwayat alergi

Seperti yang banyak diketahui, alergi seringkali merupakan faktor genetic sehingga untuk mendeteksi apakah anak Anda mempunyai peluang untuk menderita alergi bisa dilakukan dengan melihat riwayat keluarga.

Jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki alergi, kemungkinan anak Anda berpeluang untuk menderita hal yang sama.

  1. Deteksi sejak dalam kandungan

Terlalu aktif (banyak bergerak) di dalam kandungan merupakan salah satu tanda anak memiliki alergi. Oleh karena itu, ibu hamil dapat mulai menghindari berbagai hal penyebab alergi jika dirasa bayi dalam kandungannya memiliki bakat untuk menderita alergi.

  1. Melakukan tes

Ketika anak sudah menginjak usia yang cukup, Anda dapat melakukan berbagai tes seperti tes RAST,  tes darah dan tes kulit untuk mengetahui apakah anak Anda memiliki alergi atau tidak.

Selain kedua tes ini Anda juga dapat melakukan rontgen, tes faal paru, dan tes lainnya. namun, tetap harus memperhatikan kenyamanan anak Anda juga. Dan pastikan tes ini dilakukan oleh dokter yang ahli.

  1. Konsultasi dengan dokter

Jika Anda merasa hasil tes kurang memuaskan, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan dokter sebagai tindakan lebih lanjut. Anda juga dapat meminta resep obat anti alergi pada dokter atas perizinannya.

  1. Memfilter makanan

Filter makanan yang Anda curigai dapat menyebabkan alergi pada anak. Cobalah amati makanan yang dikonsumsi oleh anak Anda. Jika makanan tersebut berpeluang sebagai pemicu alergi, maka hindarilah.

Baca Artikel Lainnya :

Jika setelah beberapa minggu alergi hilang, maka makanan tersebut merupakan pemicu alergi sehingga Anda sebisa mungkin harus memfilter makanan tersebut dari menu makanan anak Anda.

Melihat berbagai cara untuk mendeteksi alergi pada anak. Alangkah lebih baik untuk melakukan deteksi sedini mungkin agar alergi yang lebih parah dapat terhindar.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *