Cara Mudah Memasak Iga Agar Cepat Empuk

Cara Mudah Memasak Iga Agar Cepat Empuk – Iga sapi menurut saya adalah jenis makanan yang walaupun mahal namun menggemaskan. Kenapa menggemaskan? Ya karena butuh usaha ekstra dalam memakannya.

Bagi saya, iga lebih nikmat jika disantap dengan menggunakan tangan, tanpa bantuan alat makan seperti garpu ataupun pisau.

Untitled

Apalagi daging iganya ternyata agak keras atau a lot, saya merasa menyerah jika harus memakannya dnegan bantuan cutlerish. Saya khawatir iganya akan mental ke meja sebelah ūüėÄ

Sebenarnya iga sebagai makanan favorit di sebagian besar rumah makan dapat dimakan secara empuk asalkan melalui tahapan memasak yang benar. Hal ini akan menambah kenikmatan iga dua kali lipat dari sebelumnya.

Berikut adalah tips memasak iga agar lebih empuk :

  • Iga sapi atau ribs adalah bagian yang terletak di punggung depan sampai ke perut sapi. Bagian daging yang tipis atau short rib paling pas diolah menjadi sup. Pilih iga dari sapi yang usianya muda muda karena daging tersebut tidak berbau dan lebih cepat empuk ketika dimasak. Yang harus diperhatikan da;am memilih iga adalah hindari memilih iga dengan lapisan lemak yang tebal karena rasanya kurang enak dan sulit dimasak.
  • Jika tidak ingin segera mengolah daging iga, Anda dapat menyimpannya di freezer. Pastikan suhu freezer berada di kisaran -18 derajat celsius. Simpan iga dalam wadah khusus bertutup‚Äč yang bersifat freezer-safe agar tidak retak atau terbuka karena terlalu dingin. Jika ingin mengolah iga yang telah disimpan tersebut, lumerkan iga terlebih dulu dengan cara memindahkan iga ke kulkas bagian bawah atau‚Äč oven‚Äč microwave. Iga sapi mentah dapat bertahan 4-6 bulan dalam freezer.
  • Untuk mengempukkan daging iga sapi, rebus dalam air ‚Äčhingga ‚Äčmendidih di atas kompor dengan api kecil‚Äč. Kemudian masukkan iga sapi dan tunggu hingga seluruh buihnya mengapung. Angkat buihnya dan rebus ‚Äčselama ‚Äč1‚Äč jam. Jika ingin lebih praktis, Anda dapat menggunakan panci tekan (pressure cooker) untuk merebus iga.
  • Walaupun iga dapat bertahan cukup lama di dalam lemari pendingin, ada baiknya agar konsumsi iga dilakukan tidak terlalu lama dari waktu pembelian. Hal ini dilakukan agar kesegaran iga tetap terjaga dan kesehatan kita pun lebih terjaga karena terbiasa mengkonsumsi produk makanan yang segar.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *