Cara Mudah Mengajari Anak Mengelola Uang Sejak Dini

Sudah menjadi hal biasa jika anak kecil hanya tahu bagaimana caranya membelanjakan uang. Mereka tidak tahu bagaimana caranya mengelola uang atau bagaimana cara mendapatkan uang untuk berbelanja.

Menjadi tugas orang tua yang terbilang rumit untuk menyampaikan hal ini pada sang anak. Sebisa mungkin gunakan kata yang sederhana dan dapat dicerna agar tidak salah persepsi.

r 162

Mengelola keuangan rumah tangga tidak mudah, bahkan untuk orang tua sekalipun. Berbeda dengan anak-anak, orang dapat belajar bagaimana cara mengelola keuangan dengan benar, sedangkan anak tidak.

Anak kecil tidak mempunyai daya ingat yang tinggi layaknya orang tua. Karenanya, cara yang tepat dalam mengajarkan cara mengelola uang adalah dengan membiasakan rutin setiap hari.

Inilah cara mengajari anak mengelola uang

  • Ajari untuk tidak berhutang

Hutang hanya membantu keuangan dalam jangka pendek, dan akan jadi masalah ekonomi keluarga dalam jangka panjang. Sedini mungkin, ajari anak untuk tidak berhutang dalam bentuk apapun. Ajari jangan membeli apapun jika tidak mempunyai uang yang cukup.

  • Ajari agar mengingat pengeluaran

Cara ini lebih mirip dengan metode evaluasi. Jika perlu, buatlah daftar pengeluaran khusus untuk anak.

Catatan ini dapat berfungsi sebagai alat pengingat jika akan membeli suatu kebutuhannya. Cukup perlihatkan padanya dan berikan sedikit penjelasan atas pengeluarannya.

  • Ajaricaraberbagi

Salah satu sifat anak kecil yang paling menjengkelkan adalah tidak mau berbagi. Padahal berbagi merupakan salah satu cara ampuh dalam mengelola keuangan. Berilah contoh dengan cara berbagi bersama, dan secara tidak langsung sang anak juga akan meniru perbuatan ini.

  • Jangan mengikuti keinginan

Dengan imajinasi yang sedang berkembang, anak kecil pasti mempunyai banyak keinginan yang kadang tidak masuk akal. Adalah tugas orang tua untuk menjelaskan terkait kondisi ini.

berikan pengertian bahwa setiap keinginan harus disesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga.

  • Berikan imbalan

Dengan mendapatkan imbalan, seorang anak berarti akan belajar bagaimana cara mendapatkan uang.

Baca Artikel Lainnya :

Hasilnya, sang anak akan merasa sayang untuk mengeluarkan uang sepeser pun untuk membeli mainan. Berilah kegiatan seperti mencuci piring atau menyapu rumah, dan berikan imbalan atas usahanya.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *