Cara Pemanasan yang Benar Sebelum Melakukan Olahraga

Olahraga yang rutin dan baik akan menghasilkan tubuh yang sehat dan stamina yang prima. Setiap orang membutuhkan olahraga agar otot dan tubuhnya tetap aktif bergerak, sehingga tubuh tidak akan cepat lelah, sakit dan sebagainya.

Namun dalam melakukan olahraga terutama olahraga berat tidak bisa dilakukan sembarangan dan sesuka hati. Karena olahraga menyangkut berbagai organ tubuh maka olahraga dilakukan secara benar dan bertahap.

s 62

Salah satu tahap olahraga adalah pemanasan. Pemanasan berfungsi untuk membuat tubuh beradaptasi terhadap olahraga yang mungkin akan menggunakan selurut bagian tubuh dan juga memberatkan tubuh dalam waktu tertentu, pemanasan juga bisa digunakan sebagai peregangan gerakan. Lalu pemanasan apa saja yang benar dan bisa dilakukan oleh anda.

  • Berlari ringan

Olahraga sebaiknya dimulai dari yang ringan, termasuk dengan olahraga. Tubuh yang akan kaget karena dibawa berlari atau bergerak dengan cepat dan banyak akan membebani.

Untuk itu mulailah dengan pemanasan ringan seperti berlari ringan, berlari di tempat dan juga berlari untuk melenturkan kaki sebelum melakukan lari sungguhan.

  • Squat

Squat merupakan gerakan pemanasan selanjutnya yang bisa anda lakukan sebelum olahraga khususnya gym. Squat memanfaatkan kaki dan juga otot paha dan betis, sehingga ketika olahraga otot anda tidak akan menegang dan cidera. Selain itu otot anda akan tertarik perlahan dengan gerakan squat.

  • Berjalan santai

Siapa bilang pemanasan harus dilakukan dengan gerakan berat. Bisa saja anda memanfaatkan jalan kaki selama 10 – 12 menit sebelum melakukan olahraga.

Berjalan bisa membantu tubuh anda teregang dan mengurangi kerja tubuh yang dadakan. Selain itu jantung dan nadi akan berpacu lebih cepat dan tubuh tidak akan kaget ketika digunakan untuk berolahraga berat secara tiba-tiba.

Baca Artikel Lainnya :

  • Latihan pernafasan

Tentu saja bagi anda yang jarang olahraga pernafasan akan menjadi satu hal yang melelahkan. Atur pernafasan sebelum olahraga, seperti melakukan streching dipadukan dengan hitungan pengaturan nafas seperti inhale dan exhale secara bergantian bersamaan dengan gerakan tubuh yang perlahan dan dalam.

Latihan pernafasan akan membantu anda ketika olahraga agar tidak kehilangan nafas.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *