Cara pencegahan terjadinya Penculikan Terhadap Anak

Akhir-akhir ini marak isu penculikan yang tentu membuat khawatir banyak orang tua. Apalagi yang memiliki anak kecil, tak terkecuali Anda. Banyak sekali motif yang melatarbelakangi mengapa banyak penculik diantaranya seperti masalah ekonomi, sosial, balas dendam, kelainan perilaku, perebutan hak asuh dan lainnya.

f 41

Akibat kerugian dari tindak penculikan yang bisa ditanggung oleh korban dan keluarganya sangat bervariasi seperti kehilangan materi, gangguan psikologis, gangguan fisik, hingga kehilangan nyawa.

Dengan memperhatikan banyaknya kerugian yang dapat berdampak akibat dari kasus penculikan ini, tentu Anda tidak ingin mengalaminya. Untuk itu Anda harus mengetahui apa saja cara-cara yang dapat mengusahakan agar anak Anda terhindar sebagai korban penculikan.

Berikut adalah beberapa cara pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penculikan:

  1. Berusahalah untuk menjelaskan pada snag anak terhadap pentingnya sikap waspada terutama pada orang yang belum pernah dikenal sebelumnya karena bisa ada kemungkinan mereka memiliki niat buruk. Sikap waspada ini dapat Anda conthkan pada anak seperti menolak ajakan untuk pergi atau menolak hadiah apapun yang menggiurkan jika tidak mendapatkan ijin dari orang tua, tidak sembarangan pla mengijinkan orang asing masuk ke dalam rumah, tidak boleh bepergian sendiri dengan orang yang belum dikenal tanpa anggota keluarga atau orang dewasa yang bertanggunjawab atas keselamatan anak Anda seperti pak sopir atau mbak pengasuh.
  1. Bila Anda ingin menagajak anak bergi bersama ke tempat yang ramai, amka ajarkan pula untuk tidak mudah melepaskan diri dari Anda atau pengasuhnya. Dan bekali pula anak tentang lokasi di bagian mana ada petugas bersiaga tempat untuk meminta bantuan. Nomor telepkn dan nama orang tua serta cara yang mudah untuk menemukan kembali orang tua.
  1. Membekali anak dengan keterampilan bela diri juga tidak salah dengan mengikutkannya pada latihan beladiri. Selain itu Anda juga bisa memberinya simulasi penculikan agar anak Anda bisa mengetahaui bagaimana cara yang harus dilakukan bila ada orang yang dengan paksa ingin menculiknya. Seperti berteriak minta tolong, atau segera berlari ke satpam dan berusaha untuk memancing perhatian orang sekitarnya.
  1. Selain itu harus ada kerjasama juga antara Anda dengan pihak sekolah untuk berupaya mencegah terjadinya penculikan. Misalnya dengan membuat sistem dimana pihak sekolah hanya akan memperbolehkan anak meninggalkan lingkungan sekolah bila sudah ada jemputan dari orang yang emmang sudah diberi kepercayaan untik menjemputnya.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Tidak hanya itu saja Anda juga harus membentuk sistem di dalam rumah. Anda harus emmilih dengan cermat orang-orang yang akan Anda pekerjakan di rumah terutama yang paling terpenting adalah supir dan pengasuh. Janga sembaranagn untuk menyuruh orang lain menyuruh untuk menjemput anak Anda sekolah. Usahakan Anda sendiri dapat membagi waktu untuk mengantar dan menjemput sendiri anak Anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *