Cara Pengelolahan Lahan Gambut Secara Integrasi

Cara Pengelolahan Lahan Gambut Secara Integrasi – Gambut sendiri memiliki sifat fisik yang berhubungan erat dengan pengolahan air atau pengaturan air pada lahan gambut tersebut.

Karena perubahan air pada gambut akan ikut merubah sifat dari gambut tersebut. Gambut tersusun atas dari 4 komponen, bahan mineral, organic, udara, dan air.

Sifat-sifat fisik dari tanah gambut sangatlah berhubungan, maka kita tidak bisa mengesampingkan nya. Sifat-sifat fisik lahan gambut, tetap saja masih berhubungan dengan sifat kimianya.

Kita harus memahami sifat fisik gambutagar dapat menentukan pemanfaatannya dengan benar.

Berdasarkan tingkat pelapukan, tanah gambut dibedakan menjadi:

integ

  1. Gambut kasar atau yang disebut dengan fibrist, gambut yang mempunyai lebih dari 2/3 bahan organic yang kasar. Gambut ini memiliki prioritas yang sangat tinggi, daya menahan air pun sangat tinggi, namun unsur hara yang tersedia disini sangatlah sedikit.
  2. Gambut sedang atau sering disebut hemist, mempunyai 1/3 hingga 2/3 bahan organic yang kasar. Gambut ini tidak terlalu kuat dalam menahan air, unsur hara yang tersedia pun juga tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu sedikit.
  3. Gambut halus atau saprist, memiliki bahan organic kurang dari 1/3.

Cara pengolahan lahan gambut secara integrasi adalah:

  • Memilih lahan gambut yang baik, yaitu tingkat kesuburannya masih relative tinggi.
  • Di kala musim panas, bersihkan lahan gambut secara menyeluruh.
  • Ketika sudah bersih, olah lahan gambut, dengan menghambur secara teratur dan mencampurinya dengan pupuk organic.
  • Jangan mencampuri pupuk atau bahan-bahan terlalu banyak. Bukan subur, tapi nanti akan semakin sulit untuk ditanami, dikarenakan keadaan lahan yang semakin panas.

Banyak yang beranggapan lahan gambut susah sekali untuk dikembangkan menjadi lahan pertanian. Namun apabila kita mengolahnya dengan benar, bukan tidak mungkin, lahan gambut akan menjadi sumber penghasilan yang melimpah. Memang pada dasarnya membutuhkan kesabaran di saat mengolah lahan gambut, memilih tanaman yang benar dan memiliki varietas yang unggul pun juga di perlukan agar lahan gambut dapat dimanfaatkan dengan baik. Lahan gambut di Indonesia umumnya berada di kawasan Sumatera dan Kalimantan.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *