Cara Pengendalian Hama dan Penyakit pada Tanaman Jeruk

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit pada Tanaman Jeruk – Hama dan penyakit merupakan masalah yang pasti dialami oleh semua tanaman, tak terkecuali tanaman jeruk. Berbagai jenis hama dan penyakit dapat memicu kerusakan pada bagian-bagian tanaman terutama di bagian buah jeruk itu sendiri. Hal ini tak bisa dibiarkan begitu saja karena dampak yang ditimbulkan sangatlah merugikan. Hama dan penyakit dapat memicu kerusakan dan membuat tanaman menjadi mati dan tidak berkembang. Hasil panen yang buruk dan pendapatan yang menurun membuat keuntungan yang didapat tidak maksimal jika tanaman jeruk digunakan untuk berbisnis dan kebutuhan budidaya.

a

Hama tanaman jeruk

Terdapat berbagai jenis hama tanaman jeruk yang biasa mengganggu proses budidaya tanaman jeruk, diantaranya yaitu :

  • Kutu loncat atau Diaphorina citri, menyerang tangkai, kuncup daun, daun muda dan tunas. Hal ini membuat tunas keriting dan tanaman menjadi mati.
  • Kutu daun atau Toxoptera citridus aurantii, Aphis gossypii. Menyerang tunas muda dan bagian bunga, membuat daun menggulung dan membekas.
  • Ulat peliang daun atau Phyllocnistis citrella, menyerang daun muda dan menyebabkannya rontok.
  • Tungau atau Eriophyes sheldoni Tetranychus sp. menyerang tangkai, daun dan buah.
  • Penggerek buah atau Citripestis sagittiferella, menyerang bagian buah.

Selain beberapa jenis hama tersebut, ada juga beberapa jenis hama lainnya yaitu kutu penghisap daun, ulat penggerek bunga, kutu dompolon, lalat buah, kutu sisik dan kumbang belalai. Setiap hama menyerang berbagai bagian pohon jeruk yang anda tanam. Untuk mengatasi hama pada tanaman jeruk, diperlukan insektisida berkualitas yang disesuaikan dengan jenis hama dan gejala masalah yang timbul. Selain itu, jangan lupa untuk lakukan penyemprotan secara rutin sesuai dosis yang sudah ditetapkan supaya tanaman selalu sehat dan bebas hama.

Penyakit tanaman jeruk

Selain hama, ada beberapa jenis penyakit yang seringkali ditemukan pada tanaman jeruk. Beberapa jenis penyakit yang dimaksud antara lain:

  • CVPD, menyerang silinder pusat batang dan menimbulkan daun menyempit, buah kecil, asam dan bijinya rusak.
  • Tristeza disebabkan virus yang menghambat pertumbuhan jeruk dan merusak daun.
  • Woody gall (Vein Enation), menimbulkan tonjolan di bagian tulang dan permukaan daun.
  • Blendok, menyerang batang dan cabang sekaligus membuatnya tampak kering dan mengelupas.
  • Embun tepung, menyerang daun dan tangkai bunga pada pohon jeruk.

Penyakit tersebut bisa mengakibatkan busuk buah, busuk akar dan pangkal batang, buah gugur dan lainnya. Supaya tanaman jeruk tetap sehat dan bebas penyakit, dibutuhkan perawatan yang intensif dan tepat sehingga pertumbuhan pohon dan panen buah bisa berjalan dengan baik. Sanitasi yang selalu terjaga dapat memperlancar pertumbuhan tanaman jeruk sehingga buah yang dihasilkan sesuai standar kualitas yang diharapkan. Itulah penjelasan seputar hama dan penyakit buah jeruk yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *