Cara Penghitungan Berat Badan Ideal dengan Lingkar Pinggang

Cara Penghitungan Berat Badan Ideal dengan Lingkar Pinggang – Satu hal yang pasti akan menjadi perhatian utama dari wanita adalah berat badan mereka, dimana banyak wanita yang memiliki berat badan yang terlalu berlebih. Namun sebenarnya berat badan ideal akan sangat dibutuhkan sekali oleh wanita.

12

Dengan berat yang sesuai pasti mereka akan merasa percaya diri dan juga merasa penampilan mereka lebih baik. Berat badan ideal ini sebenarnya bisa kita lihat dari beberapa faktor dan menggunakan beberapa cara. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah menggunakan ukuran yang ada di lingkar pinggang.

Menghitung berat badan ideal

Wanita memiliki berat badan yang cenderung berubah-ubah sehingga perlu waktu untuk bisa mengukur mana sebenarnya ukuran yang sesuai. Untuk menghitung berat badan ini juga memerlukan beberapa rumus yang mudah. Berikut ini adalah rumus menghitung berat tersebut antara lain:

  1. Pertama kita bisa mengukur berat badang kita dahulu lalu mencatatnya.
  2. Kedua kita bisa menghitung tinggi badan kita karena juga diperlukan dalam penghitungan ini.
  3. Lalu kita bisa memasukan data yang sudah kita dapat dalam rumus yang sudah disediakan.
  4. Rumus dari penghitungan berat ideal ini adalah berat badan dibagi dengan tinggi badan yang dikali 2.
  5. Setelah itu hasilnya akan muncul, jika sudah muncul hasil maka kita bisa mencocokkannya dengan tabel yang sudah ada. Tabel ini berisi mengenai normal atau tidak berat badan kita.

Jika tidak memiliki tabelnya tidak perlu khawatir karena tabel ini juga bisa kita temukan pada banyak sekali situs di internet. Tabel yang menunjukkan berat badan yang ideal adalah berat badan yang berada pada angka 18.5-25.0. Jika pada hasil menunjukkan angka yang melebihi angka tersebut maka bisa di pastikan bahwa berat badan Anda tidak ideal. Sementara itu jika berada di bawahnya maka Ana membutuhkan banyak makanan bergizi.

Berat badan sesuai lingkar pinggang

Satu lagi cara yang bisa kita gunakan untuk mengukur apakah berat badan kita ideal atau tidak. Cara ini adalah dengan mengukur menggunakan lingkar pinggang kita. Memang belum banyak orang yang tahu bahwa lingkar ini merupakan cara terbaik mengukur berat badan. Berikut ini adalah cara mengukurnya antara lain:

  • Gunakan pengukur pakaian atau juga pengukur badan yang biasanya berbentuk seperti pita.
  • Biarkan perut atau pinggang Anda dalam keadaan normal.
  • Lingkarkan ukuran tersebut pada pinggang Anda lalu ukur dan lihat angka yang muncul.
  • Jika sudah muncul angka maka kita bisa menghitung apakah ideal atau tidak.

Peraturan dalam pengukuran ini adalah dengan cara melihat aturan yaitu berat badan yang ideal untuk wanita adalah ukuran pinggang yang kurang dari 80 cm. Selain itu cara ini juga bisa digunakan untuk menghitung berat ideal pada pria. Aturannya untuk pria adalah kurang dari 90 cm. Jika hasil pengukuran ini sudah sesuai dengan apa yang kita butuhkan maka kita bisa tahu apakah berat badan kita ideal atau tidak.

Pengukuran berat badan memang seringkali membuat beberapa wanita stress karena takut berat badan mereka melambung dengan tinggi. Namun ada baiknya jika kita mengukur dengan pasti, karena sering kali juga ada beberapa timbangan yang tidak sesuai dengan ukurannya. Jadi pengukuran ini juga bisa jadi tolak ukur bagaimana seharusnya kita menjaga pola makan kita. Jangan sampai tidak sesuai dengan aturan.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *