Cara Pengolahan Lahan untuk Tanaman Pangan

Cara Pengolahan Lahan untuk Tanaman Pangan – Sebagian banyak masyarakat Indonesia memang bekerja pada sektor pertanian, yang juga merupakan sektor paling penting untuk menunjang kehidupan manusia. Tentunya anda tak melupakan kenyataan bahwa kodrat manusia sebagai makhluk hidup harus mencukupi kebutuhan nutrisinya untuk tetap tumbuh dan juga berkembang bukan. Jadi makan merupakan salah satu bagian penting yang haru dilakukan manusia.

1

Ada cukup banyak jenis tanaman pangan yang bisa ditanam dan cocok dengan iklim yang ada di Indonesia. Namun kebanyakan tanaman pokok adalah padi, jagung dan juga jenis umbi-umbian yang cocok dengan tanah Indonesia.

Selain jenis tanaman pokok nyatanya juga ada jenis tanaman pangan lainnya yang bisa hidup di Indonesia, baik itu sayur-sayuran maupun buah-buahan. Namun saat ini lahan yang seharusnya masih difungsikan sebagai lahan pertanian tergeser dengan pembangunan, ham[pir sebagian besar diantaranya dimanfaatkan untuk pembuatan industri besar maupun perumahan sehingga semakin lama luas lahan pertanian akan semakin menyempit. Bagi anda yang memiliki lahan sendiri meskipun tak begitu luas bisa dimanfaatkan untuk tanaman pangan, berikut ini caranya:

  1. Perhatikan luasnya, biasanya untuk perumahan memang sangat jarang menemukan ada bagian lahan yang masih tanah, kesemuanya dipafing dan juga cor, namun tak ada salahnya bagi anda mencari sistem tanam yang lainnya, misalkan saja dengan hidroponik, yaitu dengan menggunakan air atau jenis yang lainnya. tentunya dengan memperhatikan luas dari lahan tersebut.
  2. Irigasi, selain dari segi tanah maka irigasi atau pengairan adalah salah satu hal yang tak kalah penting untuk dilihat adalah irigasi, dengan irigasi yang memadai maka tanaman yang anda tanam akan tumbuh secara optimal, begitu juga sebaliknya. Irigasi ini sendiri bisa dari air hujan atau dengan teknik buatan, misalkan anda menampung beberapa bagian untuk dibuat di musim kemarau nantinya.
  3. Jenis tanaman, jenis tanaman apakah yang akan anda tanam disini, ada banyak sekali pilihan anda bisa memilih tanaman pokok, buah atau sebatas sayur-sayuran saja, namun sebelum itu perhatikan apakah lokasi anda cook dengan tanaman tersebut atau tidak, mengingat tak semua daerah akan cocok jika ditanami oleh semua jenis tanaman.
  4. Perawatan, setiap tanaman memiliki penyakit dan juga hama tersendiri yang akan menyerangnya, paling tidak perawatan adalah bagian paling penting setelah anda melakukan penanaman, dengan pemberian pestisida dan bahan-bahan lainnya.

Dengan memanfaatkan lahan kosong di samping rumah untuk menanam sesuatu ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan, mulai dari penghematan, penghijauan dan juga sebagai bentuk kecintaan anda pada lingkungan, mengingat saat ini sangat jarang diantara masyarakat yang masih senang berkebun, aktifitas menyenangkan namun sudah banyak ditinggalkan karena keberadaan teknologi baru.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *