Cara Pengolahan Tanah Gambut yang Benar

Cara Pengolahan Tanah Gambut yang Benar – Gambut sendiri tercipta dari berbagai serasa organic yang terbentuk secara anaerobic, dan penambahan bahan organic lebih besar daripada dekomposisinya. Kebanyakan di daerah dataran rendah ataupun pantai. Di Indonesia yang merupakan daerah tropis dan dataran yang beraneka ragam, tidak sulit untuk mencari lahan gambut. Bahkan di Indonesia dan Malaysia memiliki total 70% dari total di Asia Tenggara. Lahan gambut di Indonesia banyak terdapat di Kalimantan, Sulawesi, Irian Jaya, Sumatera. Namun memang pada dasarnya lahan gambut tidak semua bisa dikembangkan.

gambut

Karena memang semakin banyaknya penduduk di Indonesia, dan lahan pertanian banyak yang di gunakan sebagai perumahan, banyak sekali pertanian yang diarahkan ke lahan gambut. Tetapi perlu lebih diperhatikan, karena lahan gambut sendiri tidak bisa di perbarui. Sayangnya masih enggan orang untuk mengembangkan lahan gambut. Contohnya di Kalimantan Selatan misalnya, setelah di telusuri ternyata banyak sekali lahan gambut disana yang mengalami kerusakan, akibat tidak pernah diurus oleh pemiliknya.

Sebenarnya ada cara mengolah gambut. Cara mengolah gambut yang benar adalah:

  1. Melakukan pembakaran. Cara ini merupakan cara tradisional yang biasanya di lakukan oleh petani di daerah pedesaan. Hal ini dilakukan karena untuk menurunkan kadar keasaman lahan gambut tersebut. Pembakaran ini mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan pada tanaman. Di tahun pertama penyerapan akan meningkat. Abu hasil pembakaran gambut sendiri akan sangat berpengaruh terhadap penurunan kadar keasaman pada tanah.
  2. Memberi bahan pembenah. Bahan pembenah ini adalah pupuk dalam komposisinya yang tepat. Masalah minimnya unsur hara dalam lahan gambut akan bisa diatasi.

Memang sebagian hasil pengolahan lahan gambut akan lebih baik untuk dijadikan lahan pertanian. Agar bisa meluas areal pertanian pula. Namun dalam pengolahannya tetap saja masih terkendala permasalahan seperti bahan kimia, jumlah air. Tanaman yang paling baik untuk ditanam di lahan gambut adalah palawija, dan tanaman semusim lainnya. Namun Jika ditelusuri, menurut penelitian tanaman holtikultura malah komoditi yang paling baik, untuk di tanam di lahan gambut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *