Cara Perawatan dan Budidaya Bunga Soka

Cara Perawatan dan Budidaya Bunga Soka – Nama bunga soka memang tak sepopuler bunga mawar dan bunga melati. Namun keindahakan dari bunga yang satu ini tak kalah dari dua bunga tersebut. Bagi anda yang belum tahu dengan bunga soka, bunga ini memiliki bentuk yang kecil dan runcing. Tumbuh menggerombol dan memiliki warna cerah kuing kemerah-merahan.

Untitled

Bunga yang satu ini sangat cocok dijadikan penghias halaman atau pekarangan rumah. Walaupun tak mengeluarkan bau yang harum menyengat seperti mawar dan melati, namun bunga ini banyak mengandung nektar. Tak heran jika bunga ini sering mengundang kupu-kupu untuk hinggap di atasnya. Hal tersebut akan membuat bunga ini nampak semakin cantik.

Kupu-kupu yang sering hinggap pada bunga soka adalah jenis kupu-kupu gajah yang memiliki bentuk besar dan cantik. Selain itu tanaman hias yang satu ini juga cukup mudah ditanam dan dipeliharan. Bagi anda yang berniat ingin melakukan budidaya bunga soka, bisa baca terlebih dahulu informasi yang satu ini.

Yang perlu diperhatikan sebelum anda memulai budidaya bunga soka adalah memperhatikan dan memahami dulu bagaimana karakteristik bunga soka. Selain itu anda juga harus paham betuh bagaimana cara budidaya dan perawatannya.

  1. Pembibitan

Bibit tanaman hias bunga soka ini bisa diperoleh dengan cara vegetatif. Ya, rampalan batang soka yang sudah berumur bisa digunakan sebagai bibit bunga soka. Pilih rampalan yang sudah memiliki panjang minimal 15 cm. Setelah rampalan dipotong selanjutnya didiamkan di tempat yang teduh dan lembab. Tujuannya adalah mempercepat proses pertumbuhan akar dan mempermudah jika nanti akan ditanam.

  1. Penanaman

Setelah bibit selesai didiamkan, selanjutnya bisa langsung dilakukan proses penanaman. Namun sebelumnya anda harus menyiapkan media tanam terlebih dahulu. Media tanam bisa dibuat dari campuran tanam dan pupuk organik (bisa kompos ataupun pupuk kandang). Campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1 banding 1. Setelah itu buat lubang dengan kedalaman kira-kira 5 sampai dengan 10 cm. Tanam bibit bunga dalam keadaan tegak kemudian timbun dengan tanah. Sebaiknya lakukan penanaman pada sore hari saat matahari tidak terik. Hal tersebut dilakukan agar bibit yang ditanam tidak layu.

  1. Perawatan

Perawatan bunga soka ini terbilang cukup mudah. Pada saat pertumbuhan awal, lakukan penyiraman secara rutin setiap hari pada saat pagi hari. Setelah bunga sudah tumbuh lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang atau kompos secara berkala setiap satu bulan sekali untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bunga soka. Selain itu lakukan perawatan lain dengan cara penyiangan dan perampalan batang yang kering. Karena batang yang kering selain mengganggu pertumbuhan tanaman juga mengurangi keindahan dari bunga soka itu sendiri. Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Cara Perawatan dan Budidaya Bunga Soka

  1. Pingback: Cara Menjaga Kecantikan Mata dengan Bunga Melati | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *