Cara Perdagangan Zaman Dulu pelayaran Di Asia

Cara Perdagangan Zaman Dulu pelayaran Di Asia – Perkembangan ekonomi maupun perdagangan, secara khusus di Asia Tenggara menjadikan perdagangan dalam jalur darat semakin berkurang. Ini dikarenakan salah satunya faktor keamanan perjalanan.

Pada saat itu kemungkinan sering terjadi gangguan perjalanan layaknya bencana alam seperti banjir dan badai serta gangguan binatang buas yang lain.

Untitled

Maka dari itu perjalanan membawa berbagai barang dagangan mulai dialihkan menggunakan jalur lautan melalui pelayaran.

Jalur laut yang dimulai dari Negeri Cina harus melewati Selat Malaka sekaligus perairan Indonesia hingga menuju ke Negeri India. Begitu juga sebaliknya, pelayaran niaga dari India menuju negeri Cina juga harus melalui Selat Malaka.

Meningkatkan laju perdagangan melalui Selat Malaka telah menyebabkan bandar-bandar ataupun pelabuhan-pelabuhan kecil bermunculan di sekitarnya, terutama kawasan pesisir Pulau Sumatera.

Di berbagai tempat tersebut, pedagang Cina ataupun India untuk beristirahat sementara waktu sebelum mulai melanjutkan pelayaran.

Ketika istirahat mereka mencari berbagai persediaan bahan makanan beserta air minum, termasuk juga barang dagangan dari wilayah Indonesia.

Pada perkembangan selanjutnya, ternyata pedagang-pedagang India ataupun Cina semakin bertambah banyak yang singgah ke kepulauan Indonesia.

Karena keadaan itu para pedagang lebih menyukai untuk menggunakan jalan perdagangan laut. Hal ini juga membuat jalan laut semakin banyak digunakan oleh pedagang India maupun Cina.

Kedua negeri itu saling mencukupi kebutuhan masing-masing. Cina banyak mendatangkan berbagai jenis barang seperti sutera dan porselen. Sementara India cenderung mengekspor barang dari ukir-ukiran dan gading hingga tenun halus.

Wilayah Indonesia juga semakin ramai perdagangan Asia setelah diketahui bahwa Indonesia merupakan negara subur dengan hasil bumi yang dibutuhkan bangsa-bangsa lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Hubungan perdagangan antara Indonesia serta India semakin bertambah dan berkembang. Meluasnya hubungan dagang antara Indonesia dengan India sudah menjadikan India dalam dunia perdagangan dan juga pelayaran menempuh jalur menyusuri pantai bagian barat Sumatera kemudian terus hingga ke Selat Sunda.

Selanjutnya mereka berbelok menuju ke arah utara dengan menyusuri sepanjang pantai Utara Pulau Jawa, Pantai Timur Kalimantan dan terus menuju ke Cina.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *