Cara Praktis Membuat Semangkuk Saus Hollandaise Khas Orang Perancis

Praktis Membuat Semangkuk Saus Hollandaise Khas Orang Perancis – Apakah anda mengetahui dimana kunci keberhasilan seorang koki internasional dalam membuat saus sebagai sajian pendamping beberapa jenis masakan mancanegara?

Hal ini terletak pada kualitas bahan-bahan baku yang digunakan buat mengkombinasikan semua bahan utama dalam meracik semangkok saos, terutama bahan pembantu yang bernama kaldu cokelat (brown stock).

Kualitas kaldu cokelat yang bagus adalah dihasilkan dari tulang sapi, pilihlah tulang sapi pada bagian iga yang sedikit mengandung lemak.

Untuk menghasilkan warna cokelat yang pekat dan bersih / menarik, maka iga sapi sebaiknya dipanggang terlebih dahulu dan jangan dibakar.

Perhatikan juga bahan tambahannya, seperti bawang bombai, bawang putih, batang dan daun seledri, batang dan daun bawang serta wortel atau daging buah alpukat, tomat, nanas, pepaya, jeruk hingga durian, pada beberapa jenis bahan tambahan tersebut bisa diolah dengan cara dipanggang sampai kering atau direbus setengah matang untuk bahan campuran air kaldu hingga mendapatkan kaldu berwarna cokelat dan kental.

Sajian hidangan yang kerap disantap bersama dengan saos adalah aneka daging panggang berupa unggas seperti angsa, bebek, burung dan ayam atau hewan ternak dan ikan laut.

Salah satu yang paling terkenal di Perancis dan kerap diaplikasikan untuk teman sarapan pagi berupa roti panggang atau sajian dari laut adalah saos Hollandaise.

Mengenal Lebih Dekat Saus Hollandaise

Dilansir dari USAToday, di Perancis, makanan yang terbuat dari bahan keju, wine, atau beragam roti dan sosis adalah termasuk makanan populer dan favorit warga Perancis asli.

Aneka makanan ini patut untuk anda cicipi, dimana kota Paris sejak dulu dikenal sebagai kota mode dan destinasi wisata terbagus di dunia.

Namun, tidak hanya itu saja yang membuat kota dan negara ini begitu populer hingga mancanegara, ragam masakan Perancis juga menjadi daya tarik utama bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke tempat ini guna berlibur.

Keragaman hidangan Perancis disebabkan karena kegemaran rakyat Perancis yang suka menyantap masakan lezat disertai cara penyajian yang unik namun tetap menarik.

Sebagian besar masakan Perancis terbuat dari mentega asli non lemak dan air. Kemudian mereka dicampur dengan aneka saos (ada saos krim kental atau saus mousseline), saos jeruk atau saus maltaise dan beberapa saus turunan dari saus hollandaise adalah saus béarnaise yang terbuat dari saus hollandaise, tarragon, serta peterseli cincang.

Penduduk Perancis suka menamakan saus béarnaise atau lebih populer dengan nama saos hollandaise adalah ” saus romantis ” karena teksturnya yang creamy, kental, dan rasanya ramai yaitu gurih, asam dan segar.

Saus ini memiliki tiga jenis saus turunan yaitu saus foyot ( dari saus béarnaise dan demi – glace ), saus rachel ( dari saus béarnaise, demi – glace serta pure tomat ) dan saus choron ( dari saus béarnaise dan pure tomat ).

Saus Hollandaise merupakan salah satu dari lima saus utama khas para koki internasional di Perancis (sehingga sering dikenal dengan nama mother sauce) dalam kuliner masakan klasik khas Perancis.

Saus hollandaise dibuat dari bahan dasar yaitu mentega cair dan kuning telur ayam serta ditambahi dengan jus jeruk lemon dan cuka. Saus ini dibuat kental dengan melalui proses  emulsi yang membuat mentega cair dan tercampur ke dalam air (dari jus jeruk) atau cuka.

Temperatur saus ini harus dijaga standar yaitu di bawah 60 °C agar kuning telur dalam saus ketika diolah tidak menjadi dadih. Hollandaise merupakan istilah populer dari bahasa Perancis yang mengandung arti ” dari Belanda “.

Saus ini pada awal tercipta dinamakan ” saus isigny ” yaitu diambil dari nama sebuah kota kecil di Normandy yaitu Isigny sur mer berdekatan dengan negeri Belanda.

Kota ini menjadi terkenal karena memiliki koleksi mentega tergurih di dunia, tetapi pada Perang dunia II, mentega harus diimpor dari Belanda karena produksi mentega di Perancis menurun oleh beragam faktor.

Baca Artikel Lainnya :

Seiring dengan perkembangan politik dunia yang kian aman di negara Eropa dan AS, maka berpengaruh bagus terhadap dunia wisata dan kuliner di Perancis.

Hal inilah yang berpengaruh kuat terhadap perkembangan sajian pelengkap beberapa jenis masakan khas Perancis bernama saos terutama saos hollandaise mengalami perubahan nama dan berkembang sesuai dengan para koki pencipta saos tersebut.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *