Cara Tepat Atasi Polusi Udara di Perkotaan

Cara Tepat Atasi Polusi Udara di Perkotaan – Tinggal di daerah pedesaan memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam dan udara yang bersih setiap hari. Namun, hal yang berseberangan akan dijumpai ketika bermukim di daerah perkotaan yang dipadati oleh penduduk dan bangunan pencakar langit.

Untitled

Tinggal di daerah kota besar memang akan memberikan kemudahan dalam mengakses segala kebutuhan. Namun segala bentuk fasilitas yang ada akan ditukar dengan kondisi lingkungan yang kurang bersahabat sehingga perlu dikelola dengan baik.

Kondisi lingkungan saat ini

Aktivitas di tengah kota tentunya akan super sibuk di jam-jam tertentu, salah satunya di pagi hari dimana menjadi waktu berangkat kerja dan sekolah. Lalu lintas yang padat tidak hanya oleh manusia yang berlalu-lalang namun mayoritas merupakan kendaraan. Ada banyak sekali orang yang menggunakan kendaraan pribadi untuk kemudahan sampai di tempat tujuan.

Kemacetan menjadi salah satu alasan mengapa membutuhkan kendaraan pribadi untuk memfasilitasi mobilitas rutin setiap hari. Secara tidak langsung kepemilikan kendaraan pribadi memberikan sumbangsih untuk lingkungan menjadi tidak sehat.

Asap kendaraan yang terjadi sebagai bentuk hasil pengolahan bahan bakar di dalam mesin menjadi salah satu sumber pencemaran udara. Tidak mengherankan jika tingkat polusi di daerah perkotaan lebih parah dibandingkan dengan pedesaan. Keadaan akan semakin parah apabila lahan hijau dari tanaman di sepanjang jalan terbilang sangat minim.

Apabila Anda kebetulan menggunakan kendaraan pribadi maka Anda pun menjadi salah seorang dari penyebab polusi di perkotaan. Jumlah pengguna kendaraan pribadi ditambah dengan kendaraan umum akan membuat lingkungan menjadi kurang sehat.

Langkah mengatasi polusi udara

Padatnya penduduk di perkotaan menjadikan lalu lintas pun lebih sering macet bahkan nyaris tidak pernah lancar. Menggunakan kendaraan pribadi akan membantu siapapun untuk bisa sampai di lokasi tujuan tepat waktu. Meskipun demikian ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi masalah polusi udara yang terjadi. Yakni dengan menggunakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan, adalah dengan mengayuh sepeda yang tidak membutuhkan bahan bakar.

Bagi Anda yang lokasi tujuan terbilang dekat maka sebaiknya memilih berjalan kaki. Jika dibiasakan maka akan membantu mencegah kerusakan lingkungan akibat polusi udara dengan maksimal.

Ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan ketika membiasakan mengayuh sepeda maupun berjalan kaki untuk keperluan keluar rumah, yakni:

  1. Membantu menjaga kesehatan tubuh, sebab bersepeda dan berjalan kaki termasuk dalam kegiatan olahraga sehingga secara tidak sadar Anda sudah melakukan olahraga secara rutin.
  2. Membantu lalu lintas agar tidak terlalu padat, semisal selama ini menggunakan mobil maka ketika Anda menggunakan sepeda, kebutuhan ruang di badan jalan akan lebih terbatas.
  3. Mengurangi asap kendaraan yang menjadi sumber polusi udara sehingga berpartisipasi dalam mencegah dan mengatasi polusi di perkotaan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *