Cara Tepat Budidaya Bunga Dahlia dan Bagaimana Perawatannya

Cara Tepat Budidaya Bunga Dahlia dan Bagaimana Perawatannya – Bunga dahlia adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak disukai karena bentuknya yang indah. Bunga jenis ini biasanya digunakan sebagai aksen penghias rumah. Bunga dahlia banyak ditanam di dalam pot dan diletakkan di teras rumah sebagai hiasan.

Untitled

Bunga jenis ini banyak disukai juga karena memiliki warna-warna yang cerah dan bervariasi mulai dari warna merah, pink, jingga, sampai warna kuning. Tanaman jenis ini juga cukup mudah untuk dibudidayakan. Oleh sebab itu tak sedikit petani tanaman hias yang melirik jenis bunga yang satu ini.

Tak hanya di Indonesia, bunga dahlia juga sangat populer di berbagai macam belahan dunia. Banyak sekali jenis bunga dahlia mulai dari pinnata, variabilis, coccinea, sampai dengan juarezii. Bunga dahlia dapat tumbuh mulai dari diameter 5 cm hingga 30 cm.

Bunga dahlia merupakan salah satu jenis tanaman yang memerlukan sinar matahari secara cukup agar dapat hidup dan tumbuh dengan baik. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan subur di wilayah yang memiliki ketinggian 700 sampai dengan 1.000 meter di atas permukaan air laut.

Tanah yang cocok untuk budidaya dahlia adalah tanah yang memiliki derajat keasaman atau PH antara 6 sampai 8. Jenis tanah yang bagus untuk menanam bunga ini adalah tanah jenis lempung berpasir yang banyak mengandung humus.

Budidaya tanaman bunga dahlia dapat dilakukan dengan dua cara yakni cara generatif dan cara vegetatif. Cara generatif dilakukan dengan memnafaatkan benih bunga dahlia. Cara ini memiliki kelebihan dapat menciptakan variasi warna bunga yang bermacam-macam.

Sedangkan cara vegetatif ini bisa dilakukan dengan cara setek. Cara jenis ini dapat digunakan jika anda ingin menduplikasi bunga. Ya, dengan cara vegetatif anda akan mendapatkan bunga dengan jenis dan warna yang sama. Selain itu cara vegetatif juga bisa dilakukan dengan menggunakan ubi bunga dahlia.

Setelah memperoleh bibit bunga dahlia selanjutnya dilakukan proses penyemaian sebelum ditanam. Penyemaian dilakukan selama beberapa hari dengan diikuti perawatan seperti penyiraman secara rutin dan pemberantasan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.

Penanaman bisa menggunakan media polybag yang berisi sekam pupuk kandang. Jangan lupa tambahkan pupuk NPK sesuai takaran. Masukkan bibit bunga ke media tanam lalu padatkan. Setelah bunga selesai ditanam selanjutnya harus dilakukan proses perawatan.

Perawatan bisa dilakukan dengan cara penjarangan dan penyulaman, penyiraman secara rutin, sampai dengan pemupukan secara berkala. Selain itu juga harus diperhatikan hama yang meyerang tanaman. Hama yang menyerang bunga dahlia berupa serangga seperti ulat.

Cara penanggulangannya adalah dengan pemberian pestisda. Selain itu juga ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus dan jamur. Apablia tanaman sudah terkena penyakit tersebut diperlukan penanganan yang serius agar tanaman tidak mati.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *